Sukses

Kemenhub Periksa 20 Pesawat Jelang Lebaran

Pemeriksaan Kemenhub itu untuk memastikan kelancaran transportasi menyambut Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar pemeriksaan terhadap 20 pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten pada Rabu (22/6/2016).

Pemeriksaan (rampcheck) sendiri untuk memastikan kelancaran transportasi menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo mengatakan, ‎pesawat yang digunakan untuk angkutan mencapai 529 pesawat pada Lebaran 2016. Namun, Kemenhub telah melakukan pemeriksaan total 552 pesawat.

"‎Pada tahun ini, angkutan lebaran yang disiapkan 529 pesawat udara. Kami sudah memeriksa lebih dari yang dipakai untuk angkutan Lebaran 552 pesawat,"  kata dia di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Rabu (22/6/2016).

Dia mengatakan, pemeriksaan ini telah digelar dari 27 Mei dan diperkirakan selesai pada 23 Juni 2016. "‎Diharapkan tanggal 23 Juni selesai dan kita laporkan Pak Menteri, dan perbaikan-perbaikannya," ujar dia.

Suprasetyo menuturkan, pemeriksaan ini tidak hanya mencakup dari aspek sarana pesawat saja. Dia menuturkan, pemeriksaan juga meliputi prasarana penunjang‎.

"Untuk prasarana, kesiapan aerodrome, lampu landasan, termasuk terminal, x-ray, CCTV. Kita melakukan pemeriksaan pelayanan lalu lintas penerbangan," ujar dia.

‎Tak hanya itu, dia bilang pemeriksaan ini juga mencakup kru pesawat (air crew). Sejauh ini, dia menambahkan belum ada permasalahan berarti di lapangan.

"Kondisinya hampir semua bagus. Hanya temuan kecil seperti lampu tidak menyala, kursi kurang bagus," tutur dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.