Sukses

4 Cara Kelola Duit Agar Tak Boros Saat Ramadan

Bulan Ramadan merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Indonesia sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia tentu tidak akan ketinggalan untuk merayakannya.

Namun, sayangnya di bulan ini potensi pengeluaran membengkak kamu justru lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Ada banyak keperluan yang harus kamu siapkan, mulai dari keperluan rutin untuk sahur dan berbuka puasa, membeli pakaian baru, menyiapkan parsel Lebaran, mempersiapkan mudik, menyediakan hiasan dan jamuan Lebaran, dan sebagainya.

Jika bujet kamu tidak dikelola dengan baik, maka kamu tidak akan bisa hemat di bulan ini. Untuk mengatasinya, simak 4 cara pengelolaan budget khusus di bulan Ramadan berikut ini seperti dikutip dari HaloMoney.co.id:

1. Persiapan untuk bingkisan Lebaran

Untuk bingkisan (parsel) Lebaran, cara paling umum untuk menghematnya adalah dengan membuat sendiri parsel tersebut. Harganya bisa jauh lebih murah daripada kamu membeli sendiri di pusat perbelanjaan atau supermarket.

Jika kamu memang tidak sempat membuatnya sendiri, belilah parsel Lebaran sebelum masuk musim Lebaran untuk mendapat harga diskon dan menghindari antrian sesak di pusat perbelanjaan.

(Baca juga: 4 Penyebab Kamu Boros Dalam Belanja dan Cara Mengatasinya)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ubah pola belanja bulanan



2. Ubah pola belanja bulanan

Ubah pola alokasi belanja bulanan kamu. Kamu bisa menurunkan anggaran makan di luar dan akhir pekan, namun kamu mungkin perlu menambah anggaran untuk membeli snack, bahan makanan untuk sahur, ataupun obat sakit maag.

Jika kamu bisa lebih hemat dari biaya bulanan biasa, maka kamu bisa alokasikan penghematan tersebut untuk keperluan Lebaran yang lain.

3. Persiapan untuk mudik

Mudik sudah menjadi suatu tradisi yang dilakukan oleh banyak orang di musim liburan panjang untuk kembali berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Untuk mudik, perhitungkan seluruh biaya yang diperlukan sedini mungkin dan sebaiknya kamu menggunakan alokasi dari THR untuk membiayai perjalanan kamu. Dengan demikian, keuangan bulanan kamu tidak akan terganggu.

(Baca juga: 5 Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadan)

3 dari 3 halaman

Persiapan untuk pakaian baru



4. Persiapan untuk pakaian baru

Baju baru seolah sudah menjadi suatu tradisi setiap musim Lebaran tiba. Sebenarnya, kamu bisa  menggunakan pakaian Lebaran lama yang jarang digunakan agar tetap terlihat fresh karena kebanyakan orang tidak akan menyadari kalau baju yang kamu kenakan sebenarnya baju lama yang jarang digunakan.

Jika kamu tetap ingin memaksakan membeli baju baru, belanjalah sebelum memasuki masa Lebaran untuk lebih hemat.

Agar bujet keuangan kamu tetap teratur selama bulan Ramadan, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai promo dari kartu kredit untuk berhemat. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.