Sukses

Hilangkan Kebiasaan Makan di Meja Kerja, Ini 5 Alasannya

Pekerjaan yang menumpuk terkadang membuat pegawai untuk memakai waktu istirahatnya untuk bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Pekerjaan yang menumpuk, tenggat waktu yang semakin dekat hingga tuntutan besar dari bos kadang membuat pegawai memakai waktu istirahatnya untuk bekerja.

Alhasil waktu istirahat yang biasanya bisa dimanfaatkan untuk makan di luar, akhirnya terbuang percuma. Banyak pegawai yang sering menyantap makan siangnya di meja kerja.

Kebiasaan seperti ini ternyata berdampak buruk bagi produktivitas. Melansir laman carrerealism, Senin (26/6/2016) berikut lima alasannya:

1. Tidak mendapat angin segar

Satu hal yang dapat Anda dapatkan apabila memilih untuk menghabiskan waktu istirahat di luar ruangan adalah mendapat angin segar dan situasi yang baru. Akhirnya, stres dan rasa penat yang seringkali menghinggapi ketika bekerja dapat hilang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Susah dapat kreatifitas

2. Susah mendapat kreatifitas

Makan di meja kerja juga dapat menghambat kreatifitas Anda. Kondisi perkantoran yang dilihat selama satu hari penuh seringkali membuat pikiran penat.

Satu hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan hal ini adalah dengan melakukan kegiatan lain di luar ruangan. Selain dapat membuat pikiran lebih rileks, ide dan gagasan kreatif pun dapat lebih mudah muncul.

3. Menurunkan produktivitas

Tubuh manusia bukanlah mesin. Setiap orang butuh istirahat dari kegiatan yang mereka lakukan.

Menyantap makanan di meja kerja akan membuat sugesti pada tubuh bahwa Anda tidak mendapat istirahat yang dibutuhkan. Tingkat produktivitas pun akan menurun.

3 dari 3 halaman

Susah bersantai

4. Susah bersantai

Makan di meja kerja juga akan mengganggu tingkat fokus yang dimiliki. Pegawai yang menyantap makanannya di meja kerja seringkali akan menyambi untuk melakukan kegiatan lain.

Makanan yang disantap akan sulit untuk dinikmati. Hal ini juga menyebabkan tubuh sulit untuk bersantai.

5. Sulit untuk bersosialisasi dengan rekan kerja

Waktu tepat yang dapat dimanfaatkan untuk bersosialisasi dengan rekan kerja adalah ketika jam makan siang atau istirahat.

Mereka yang memilih untuk menyantap makanannya di meja kerja akan sulit untuk melakukan hal ini. Jangan heran apabila mereka nantinya susah untuk bersosialisasi dengan rekan kerja. (vna/nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.