Sukses

5 Jenis Musik Ini Bisa Bikin Kamu Makin Produktif

ada beberapa jenis musik ternyata yang dapat membuat seseorang semakin bergairah bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan favorit yang sering dilakukan orang. Tidak hanya mampu untuk mengubah minat menjadi lebih baik, mendengarkan musik tertentu ternyata dapat mendorong prodiuktivitas menjadi lebih baik.

Sebuah perusahaan bernama Mindlab Internasional melakukan studi tentang pengaruh musik terhadap tingkat produktivitas kerja. Hasilnya, ada beberapa jenis musik ternyata yang dapat membuat seseorang semakin bergairah bekerja.

 

Dikutip dari laman lifehack.org, Kamis (23/6/2016) berikut ulasannya:

1.Musik energik

Musik yang memiliki irama cepat dan didominasi oleh bas memiliki efek yang baik bagi emosi. Riset yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan musik seperti ini dapat memberikan pengaruh positif bagi emosi dan kemampuan kognitif. Mendengarkan musik yang energik juga dapat meningkatkan kreatifitas seseorang.

2. Musik ambient

Musik ambient tanpa lirik dapat meningkatkan tingkat akurasi seseorang dalam menyelesaikan tugas yang sifatnya menyelesaikan persamaan. Selain itu, musik jenis ini dapat mengasah fokus dalam mengerjakan sebuah pekerjaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Musik klasik

Jika pekerjaan Anda berkaitan dengan angka atau membutuhkan fokus pada detail, sepertinya musik klasik cocok didengarkan oleh Anda.

Berdasarkan suatu studi ditemukan bahwa pekerja akan menyelesaikan permasalahan matematis lebih baik sambil mendengarkan musik. Musik klasik juga cocok didengarkan sambil mengerjakan pekerjaan yang sifatnya butuh keakuratan dan ketelitian.

4. Musik karya Mozart

Musik karya komposer terkenal Mozart juga memiliki efek yang baik. Riest yang dilakukan oleh University of California menunjukkan musik jenis ini ternyata dapat memperbaiki proses pembelajaran dan memori seseorang. Musik ini pun dapat memberikan efek yang besar apabila didengarkan oleh anak-anak.

5. Musik pop

Jenis musik terakhir yang dapat memberikan efek yang baik bagi produktivitas adalah musik pop. Mendengarkan musik pop ketika bekerja dapat membuat pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk memasukkan data dapat selesai dengan lebih cepat.

Bagi pekerjaan memeriksa ejaan, musik pop juga sangat tepat didengarkan apabila ingin pekerjaan dapat lebih mudah selesai. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini