Sukses

Terminal 3 Bandara Soetta Baru Layani 5 Penerbangan Domestik

Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menuturkan ada sejumlah penerbangan domestik yang dilakukan di terminal 3 bandara Soetta.

Liputan6.com, Tangerang - Pemerintah ingin Terminal 3 di Bandara Soekarno-Hatta segera dioperasikan saat Lebaran tahun ini. Dengan begitu, masyarakat mendapat suasana baru ketika bepergian di berbagai wilayah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menuturkan, rencananya terminal ini melayani 5 penerbangan domestik.

"Memang Presiden Jokowi maunya Lebaran ini bisa dipakai supaya ada suasana baru. Tapi masih ada hal yang diperbaiki. Baru bisa untuk 5 kota tujuan, penumpang paling banyak ke Jogja, Semarang, Solo, Padang, dan satu lagi di luar Jawa," kata dia saat mengunjungi Terminal 3 di bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten (24/6/2016).


Saat ini Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta menghadapi ‎kendala di antaranya mengenai kelistrikan. Akan tetapi, berdasarkan keterangan dari PT Angkasa Pura II hal tersebut sudah dibereskan dan menunggu verifikasi dari regulator dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Tadinya memang ada masalah power backup. Kami dapat penjelasan Angkasa Pura II, backup sudah ready, 6 detik begitu (listrik) PLN mati langsung nyambung. Standar internasional 15 detik. Kami minta Departemen Perhubungan melakukan verifikasi ulang listrik," jelas dia.

Tak hanya dari kelistrikan, Terminal 3 juga sempat mengalami kendala mengenai sistem monitoring. Rizal Ramli bilang, dari keterangan yang diberikan Angkasa Pura II hal tersebut sudah diselesaikan.

"Satu lagi monitoring surveilance, kami dapat kepastian bahwa hal-hal ini sudah ready. Kita minta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) verifikasi," tutur dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini