Sukses

Trik Cegah Rasa Malas Bekerja Jelang Libur Lebaran

Ketika mendekati libur panjang seperti ini, semangat kerja Anda pun kendor. Padahal sebagai pekerja Anda mesti menjaga produktivitas.

Liputan6.com, Jakarta - Walau masih bisa dihitung dengan hari, banyak dari Anda yang sudah tidak sabar menantikan saat-saat berbagi kebahagian bersama keluarga dan teman di hari Lebaran.

Liburan panjang selama sepekan tentu juga ditunggu tidak hanya oleh umat Muslim yang merayakan Lebaran, namun juga semua orang.

Masalahnya, ketika mendekati libur panjang seperti ini, semangat kerja Anda pun kendor. Padahal sebagai pekerja Anda mesti menjaga produktivitas.

Sebab hal itu adalah syarat mutlak jika ingin miliki karier yang baik. Agar Anda terhindar dari hal itu, berikut trik yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari CekAja.com, Sabtu (25/6/2016)

1. Ciptakan motivasi

Biasanya, kemalasan hadir karena Anda tidak lagi punya motivasi. Mungkin saja di saat seperti itu hal yang ada di pikiran Anda hanya waktu berlibur dan berkumpul bersama keluarga. Karena itu cobalah menciptakan hal-hal yang bisa memicu motivasi dan membangkitkan semangat kerja muncul kembali.

Contohnya seperti target bonus bulanan atau bonus pencapaian target yang bisa menambah uang Anda selepas lebaran. (Baca juga: Dengan Cara Ini, Belanja Lebaran Anda Dijamin Makin Murah)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingatlah konsekuensi

2. Ingatlah konsekuensi

Pikirkan apa yang akan terjadi jika Anda menyerah dalam kemalasan sehingga tidak produktif dalam bekerja. Mungkin saja rencana promosi yang sebenarnya sudah ada di dalam pikiran atasanmu berubah karena melihat semangat kerjamu yang turun.

Atau, menumpuknya pekerjaan setelah libur Lebaran karena semua tugas tidak dikerjakan dengan baik.
Cicil sedikit

Bekerja sambil jalani ibadah puasa bukan alasan Anda untuk malas. Demi mempermudah dan meringankan beban kerja, coba jadikan pekerjaan yang berat menjadi tugas-tugas kecil yang bisa dicicil. Sebab dengan begitu Anda bisa bekerja meski hal yang Anda kerjakan ringan dan mudah dikerjakan.

3 dari 3 halaman

Dekati teman yang rajin

3. Dekati teman yang rajin

Anda tentu setuju, kemalasan terkadang bisa menular. Demikian juga sifat positif untuk rajin. Agar dapat kembali semangat bekerja, Anda bisa mendekati teman yang terkenal rajin dan masih terlihat semangat bekerja.

Cobalah untuk meminta pendapat dan saran dari teman tersebut. Pelajari bagaimana teman Anda tersebut bisa tetap mempertahankan semangatnya.

Jika perlu ubah cara pandang melihat dia  dengan menjadikannya sebagai kompetitor yang harus disaingi secara sportif. (Baca juga: Nasihat dari Film Hollywood untuk Anda yang Berpacaran dengan Atasan)

4. Hindari menyerah

Kemalasan adalah keyakinan yang diciptakan. Jangan sampai pikiran Anda mengalahkan semangat bekerja. Lakukan trik demi memanipulasi pikiran malas dan tidak produktif.

Ingatkan terus diri Anda atas motivasi bekerja dengan membuat poster atau catatan yang bisa dilihat setiap hari di tempat kerja. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.