Sukses

Menko Rizal Ramli: Terminal 3 Soetta Bisa Diadu dengan Changi

Menko Rizal Ramli tiba di Bandara Soetta sekitar pukul 13.20 WIB. Dia pun langsung meninjau dengan mengelilingi terminal.

Liputan6.com, Tangerang - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengaku bangga melihat kondisi Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) di Tangerang. Bahkan, dia menyamakan terminal ini setara dengan Bandara Changi Singapura.

Menko Rizal tiba di Soetta sekitar pukul 13.20 WIB dan langsung meninjau dengan mengelilingi terminal.

"Saya kalau lihat ini (terminal 3) semangat, dan bangga jadi orang Indonesia. Ini kalau sudah jadi bisa diadu dengan Changi 3," kata Rizal di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (24/6/2016).

Dia menilai, terminal 3 yang dibangun sepanjang 1,4 kilometer (km) tersebut berbeda dengan terminal-terminal lain yang ada di seluruh Dunia.

"Di banyak negara, airport berkembang secara organik, jika sudah penuh. Dia bangun ke atas, ke bawah, ke samping kanan-kiri, membuat ruwet dan penumpang jadi tidak nyaman, tapi terminal 3 Ultimate ini sudah sangat bagus sekali direncanakan dan dibangun," dia menuturkan.

Dia pun meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan verifikasi ulang terhadap Terminal 3 ini. Verifikasi ulang guna memastikan terminal ini bisa beroperasi untuk keperluan mudik Lebaran 1437 H.

"Saya minta diverifikasi ulang supaya saudara-saudara kita bisa menggunakan terminal baru yang canggih ini. Sistem backup listrik juga sudah ready dalam 6 detik, padahal standar internasional itu 15 detik," kata Ramli.

Dia mengingatkan jika waktu pengoperasian pada momen Lebaran merupakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Memang ada beberapa yang harus diperbaiki, makanya rencana sementara kan baru 5 rute tujuan penerbangan ke Solo, Semarang, Jogja dan kota diluar Jawa," dia menuturkan. (Pramita Tristiawati/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini