Sukses

7 Tips Jitu Atur Uang Bagi Pengantin Baru

Kondisi umum yang sering dihadapi pasangan suami-istri di Indonesia adalah siapa yang harus bertindak sebagai manajer keuangan rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta - Urusan finansial kadang bisa menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan bagi pasangan suami istri. Persoalan tentang uang ini juga bisa menjadi satu masalah tersendiri. Kondisi umum yang sering dihadapi pasangan suami-istri di Indonesia adalah siapa yang harus bertindak sebagai manajer keuangan dalam rumah tangga.

Terkadang sulit bagi pengantin baru untuk bisa mengatur urusan keuangan dengan baik. Berikut 7 cara yang dapat dilakukan seperti dilansir dari laman moneycrasher.com, Sabtu (25/6/2016):

1. Tulis tujuan bersama

Menikah berarti menyatukan dua pribadi. Oleh karenanya, pasangan yang sudah menikah pun sebaiknya memiliki tujuan bersama. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menulis tujuan bersama yang ingin dicapai bersama pasangan.

2. Diskusikan buka rekening bersama

Agar lebih mudah untuk mengatur keuangan, akan lebih baik apabila Anda membuka rekening bersama pasangan. Rekening ini nantinya dapat digunakan untuk menabung dan sebagai pos utama pendapatan yang dimiliki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangun dana darurat

3. Membangun dana darurat

Jangan lupa juga untuk menyisihkan pendapatan untuk membuat dana darurat. Dana darurat ini berfungsi sebagai dana antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan secara mendadak.

4. Membuat anggaran

Banyak pasangan yang terkadang lupa untuk membuat anggaran pengeluaran dari pendapatan yang mereka terima. Padahal anggaran ini dapat berfungsi sebagai acuan dasar dari tiap pengeluaran yang akan dilakukan nantinya. Dengan adanya daftar anggaran, pengeluaran pun dapat menjadi lebih teratur.

5. Menelusuri aliran dana

Setelah membuat anggaran, akan sangat penting juga bagi pasangan suami istri yang baru untuk melacak pengeluaran dan aliran dana yang dikeluarkan tiap bulannya. Hal ini dilakukan sebagai bahan evaluasi apakah anggaran yang dibuat sudah dapat dijalankan dengan baik.

3 dari 3 halaman

Jangan berhutang

6. Jangan berhutang

Terkadang Biaya yang diperlukan untuk keperluan tertentu sangatlah besar. Mau tak mau, kita harus mencari biaya tersebut yaitu dengan berhutang.

Walaupun dapat didapat dengan mudah, berhutang bukanlah merupakan sebuah pilihan yang tepat. Apabila Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik, hal ini justru hanya akan menjadi bumerang bagi kondisi keuangan Anda.

7. Menabung untuk masa pensiun

Jangan terlena sehingga lupa untuk menyisihkan uang untuk kebutuhan pensiun Anda. Kebutuhan akan pensiun tersebut dapat didapat dengan perencanaan bijak dan menyisihkan sebagian dari pendapatan yang dimiliki. (vna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.