Sukses

Hindari Bayar Pakai Utang untuk 4 Hal Ini

Ingin tahu hal apa yang sebaiknya dihindari dengan membayar kredit?

Liputan6.com, Jakarta - Ada suatu situasi seseorang harus berutang untuk memiliki barang diinginkan. Selain itu, ada sejumlah hal yang mungkin saja belum dapat dibayar tunai lantaran membutuhkan dana besar. Hal itu seperti membeli rumah, kuliah, bahkan mobil.

Namun kini seseorang harus menghadapi berbagai tawaran kredit yang gencar dilakukan oleh bank. Akan tetapi, ada juga hal perlu diingat untuk sebaiknya tidak membeli barang dengan cara kredit.

Ingin tahu hal apa yang sebaiknya dihindari dengan membayar kredit? Yuk simak artikel ini seperti dikutip dari laman www.wisebread.com, Sabtu (25/6/2016):

1. Pernikahan

Menikah merupakan salah satu tahapan hidup penting dalam perjalanan hidup seseorang. Untuk menyiapkan pernikahan memang membutuhkan biaya besar. Karena itu perlu persiapan matang untuk pesta pernikahan.

Hal perlu diingat ketika merencanakan pernikahan, anggap saja itu hanya sebuah pesta. Ketika itu selesai maka itu menjadi memori. Salah satu dasar fondasi penting merupakan hal yang perlu diingat dan dilakukan. Jadi jangan terlalu menguras biaya untuk pesta pernikahan.

Bila Anda memulai perjalanan hidup bersama pasangan dengan pinjaman. Bahkan bunga pinjamannya tinggi itu akan menjadi harga mahal untuk ke depan. Lantaran ada hal penting perlu dipersiapkan antara lain rumah, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan dan pensiun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhiasan

2. Perhiasan

Untuk memiliki perhiasan antara lain cincin dan kalung harus merogoh kocek besar. Kini sejumlah toko perhiasan bahkan menawarkan membeli perhiasan dengan kredit bunga nol persen.

Akan tetapi, Anda harus tetap waspada. Lantaran bila Anda tidak disiplin membayar cicilan maka harus membayar denda dan bunga kredit berlipat. Tak ingin hal itu terjadi? Sebaiknya hindari beli perhiasan dengan kredit.

3. Furnitur dan Barang Elektronik

Sama seperti toko perhiasan menawarkan bunga nol persen, maka penjualan furnitur dan barang elektronik kini dimanjakan dengan kredit bunga nol persen.

Anda mungkin saja tergoda untuk memiliki barang elektronik terbaru sepert flat TV berukuran besar dengan cicilan menggiurkan. Sekali lagi diingatkan Anda harus tetap bertanggung jawab dengan pembayaran cicilan kredit.

4. Liburan

Mengambil cuti untuk liburan agar menenangkan diri dan pikiran memang menyenangkan. Namun liburan juga dapat meninggalkan beban bila Anda liburan dengan menggunakan utang. Bukan memori indah yang didapatkan tetapi Anda malah dapat bertambah pusing dengan cicilan kredit yang harus dibayar. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini