Sukses

Mentan Amran Klaim Harga Pangan Berangsur Turun

Turunnya harga pangan ini seiring dengan upaya pemerintah melakukan operasi pasar dan menjamin ketersediaan bahan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyebut harga berbagai bahan pangan berangsur turun. Penurunan ini seiring dengan upaya pemerintah melakukan operasi pasar dan menjamin ketersediaan bahan pangan.

"Pangan itu bukan daging saja. Harga beras turun, harga cabai anjlok jadi Rp 37 ribu per kilogram di Pandeglang. Harga bawang juga jadi Rp 8.000 per kilogram di Enrekang. Minyak secara nasional turun 5,5 persen. Barang lain turun karena kami operasi besar-besaran," kata Amran di Jakarta, seperti dikutip Sabtu (25/6/2016).

Tak hanya itu, harga daging diyakini juga sudah turun. Hal ini disebabkan upaya pemerintah memotong rantai distribusi yang ada di pasaran. "Ada Rp 105 (ribu), kemudian ada juga di bawah Rp 100 (ribu). Tapi, tidak menyeluruh," imbuh dia.

Agar harga daging bisa terus turun hingga mencapai target yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah juga sudah menyiapkan stok daging hingga 9 ton atau setara dengan 50 ribu ekor sapi.

"Itu harganya di bawah Rp 80 (ribu), ada Rp 75 (ribu), ada Rp 78 (ribu). Memang butuh waktu, tidak bisa sekaligus, tapi secara umum harga mulai turun. Stok dalam negeri saja cukup," kata Amran.

Meski menjamin ketersediaan daging sapi, Amran tidak bisa menjamin tidak ada kenaikan harga jelang Lebaran. Di sisi lain, daging ayam juga sudah memiliki stok hingga dua kali lipat dari kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.