Sukses

Pemerintah Buka Jembatan Sipait Pekalongan Buat Mudik Mulai H-6

Liputan6.com, Jakarta - Jembatan Sipait yang menghubungkan Pemalang dengan Pekalongan yang berlokasi di jalan nasional pantai utara (pantura) Jawa Tengah (Jateng) akan dibuka dan berfungsi sementara pada H-6 Lebaran atau 30 Juni 2016. Jembatan ini dibuka guna meningkatkan pelayanan dan memperlancar arus mudik di Jalur Pantura.

Saat ini pekerjaan jembatan yang terletak di Kabupaten Pekalongan tersebut dikerjakan 24 jam guna memenuhi target fungsional tersebut. Nantinya pada H+10 pekerjaan jembatan akan kembali berlanjut.

"Hari Selasa kita cor lantainya sehingga kita H-6 bisa dibuka bisa dilalui. Selanjutnya pekerjaan akan kembali dilanjutkan pada H+10 setelah Lebaran," tutur Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Jalan Nasional I Jateng BBPJN V Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Ya'foor Sulaiman dalam keterangannya, Sabtu (25/6/2016).

Diketahui bahwa jembatan tersebut dibongkar karena usia dan kemampuan jembatan untuk menahan beban sangat rendah.

"Ini multi years mulai Agustus 2015 penggantian jembatannya karena yang lama sejak tahun 1977 tidak layak dan tidak mampu menahan beban. Satisfactor rendah. Kalau overload sangat mengkhawatirkan," dia menuturkan.

Pengerjaan jembatan yang menelan dana sebesar Rp 25,6 miliar dan memiliki panjang 90 meter ini rencananya akan rampung ppada bulan September 2016.

Saat ini proses konstruksi sudah mencapai 60 persen. Bentang barat dan timur jembatan, sudah dilakukan pengecoran dan  saat ini tinggal proses bentang tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.