Sukses

Bingung Pilih Kredit Motor? Simak 6 Tips Jitu Ini

Jika Anda membeli motor secara kredit, Anda tidak bisa melakukannya sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan yang sering digunakan oleh manusia saat ini adalah kendaraan roda empat juga roda dua. Di Indonesia, kedua jenis kendaraan ini memiliki penggemar yang bisa dibilang besar. Namun diantara keduanya, roda dua atau motor adalah rajanya.

Ada banyak alasan mengapa sebagian besar masyarakat kita menyukai berkendara dengan motor. Selain lebih mudah dikendarai dan bisa lebih cepat, desain dari motor itu sendiri sekarang menjadi pertimbangan untuk membeli sebuah motor.

Jika Anda bisa membelinya secara tunai, mungkin tidak masalah, namun jika Anda membelinya secara kredit, Anda tidak bisa melakukannya sembarangan.

Kenapa? Karena sekarang ada banyaknya perusahaan pembiayaan dan penawaran seperti KKB dari pihak lembaga keuangan yang bisa  membuat kita sedikit bingung untuk memilih mana perusahaan yang paling bagus.

Setiap perusahaan itu memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Nah, bagi yang ingin memilih lembaga yang menawarkan KKB dengan risiko yang minim, berikut ini adalah 6 tips jitu melakukannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pilih Perusahaan Pembiayaan Bereputasi Baik

Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan pembiayaan yang siap membantu dalam menangani proses kredit kendaraan bermotor anda.

Namun, walaupun begitu, anda sebagai nasabah juga harus pintar dan cermat dalam memilih perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan yang paling baiki, serta yang memberikan penawaran paling bagus dalam hal KKB.

Hal ini penting karena ternyata ada juga beberapa leasing yang kurang bisa dipercaya dan malah merugikan nasabahnya.

Perusahaan pembiayaan yang baik biasanya akan banyak menjelaskan mengenai KKB yang ditawarkannya terlebih dulu kepada Anda, lalu jika perlu pihak mereka akan menjelaskan simulasi perhitungan kredit anda nantinya.

Setelah Anda mengerti, mereka juga akan menjelaskan mengenai bunga dan tenor waktu cicilan kredit yang bisa dipilih sesuai kemampuan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

cabang dekat rumah

2.    Pilih Perusahaan yang Cabangnya Ada di Dekat Rumah

Akan sangat mudah jika letak kantor pembiayaan tersebut cukup dekat dengan tempat tinggal anda.

Bukan berarti anda akan mendapat fasilitas lebih, namun ini akan berguna jika sewaktu-waktu ingin bertanya masalah kredit Anda, Anda tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor pusat atau kantor perwakilan yang biasanya sering ada di pusat kota.

Anda juga perlu mengetahui nomor kontak yang  bisa dihubungi untuk sewaktu-waktu mengeluhkan masalah kredit Anda. Jika memungkinkan, sebaiknya memilih perusahaan pembiayaan yang bereputasi baik, yang ada di dekat tempat tinggal.

3.    Sesuaikan Penawaran KKB dengan Pendapatan

Ada beberapa hal yang harus disesuaikan menyangkut KKB dan kemampuan bayar Anda. Jika Anda ingin lebih mudah dalam menjalani kredit nantinya, pastikan kemampuan bayar Anda ini sesuai dengan cicilan kredit yang dipilih.

Biasanya, saat memulai kredit Anda akan ditawarkan untuk membayar uang muka (DP). Semakin besar DP yang dibayarkan akan membuat angsuran lebih ringan, sebaliknya jika DP yang dibayarkan lebih kecil, maka angsuran juga bisa lebih besar.

Anda bisa membahas mengenai angsuran ini bersama tim marketing dari perusahaan terkait. Siapa tahu ada solusi terbaik yang bisa disesuaikan dengan kemampuan bayar Anda.

3 dari 3 halaman

Sesuai kemampuan

4.    Cara Pembayaran yang Ditawarkan Mudah dan Sesuai Kemampuan

Sekarang ini teknologi sudah sangat canggih. Orang bisa membayar kebutuhannya lewat transaksi online. Begitu juga dengan beberapa perusahaan pembiayaan yang sudah mulai memanfaatkan sistem online untuk kemudahan pembayaran nasabahnya.

Setidaknya, nasabah juga bisa melakukan pembayaran dengan cara transfer melalui mesin ATM. Pembayaran juga bisa dilakukan lewat loket lainnya seperti Kantor Pos atau Bank. Jika perusahaan pembiayaan yang Anda pilih memiliki fasilitas kemudahan seperti ini, Anda bisa memilih perusahaan tersebut.

5.    Tanyakan Mengenai Asuransi

Selama masa kredit, Anda akan membayar cicilan setiap bulannya. Sementara kendaraan bermotor yang Anda beli sudah bisa Anda gunakan. Saat digunakan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi jika sewaktu-waktu terjadi musibah.

Mengingat hal itu, kita memerlukan asuransi. Saat Anda memutuskan untuk mengambil KKB, tanyakan pada pihak perusahaan pembiayaan, mengenai Asuransi apa yang mereka ajak untuk kerja sama.

Lalu tanyakan juga detail Asuransi tersebut, seperti cara pengajuan klaim, jenis asuransi, dan lain sebagainya.

6. Berhati-Hati Dalam Memilih Perusahaan Pembiayaan

Sebaiknya Anda selalu berhati-hati dalam memilih perusahaan pembiayaan yang akan membantu Anda mengurusi kredit motor Anda.

Perusahaan tersebut adalah partner Anda yang akan Anda jadikan tempat untuk menggali informasi seputar kredit Anda, juga berbagai masalah kredit yang Anda alami.

Pilihlah perusahaan yang reputasinya baik serta penawaran kreditnya sesuai dengan kemampuan bayar Anda. (Ndw/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.