Sukses

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beri Pinjaman Uang

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan untuk memberikan pinjaman uang.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan hidup yang besar terkadang bisa membuat orang terjebak dalam keadaan keuangan yang sulit. Ketika berada dalam situasi ini, satu hal yang dapat menjadi solusi adalah dengan meminjam uang dari kerabat dan saudara terdekat.

Tidak ada salahnya memang untuk membantu kerabat dan keluarga yang kesusahan dengan meminjamkan uang. Akan tetapi, ada beberapa hal yang tetap harus Anda perhatikan. Dikutip dari learnvest.com, Selasa (28/6/2016)

1. Tahu kondisi finansial

Kondisi finansial setiap orang berbeda-beda. Walaupun Anda memiliki keinginan yang besar untuk membantu finansial dari teman atau kerabat, namun Anda juga harus tahu betul akan kondisi keuangan yang Anda miliki. Jangan sampai karena meminjamkan uang Anda malah kehilangan anggaran yang seharusnya dibutuhkan.

2. Hanya pinjamkan ketika Anda yakin

Jika Anda sudah tahu kondisi keuangan yang dimiliki, maka kini Anda boleh membuat keputusan untuk meminjamkan uang atau tidak. Jangan meminjamkan uang saat Anda tidak yakin. Hal ini bisa saja akan membuat proses pinjam meminjam ini menjadi masalah yang berkepanjangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat kesepakatan

3. Buat kesepakatan

Masalah keuangan kadang bisa menjadi pemicu konflik antar teman dan saudara. Agar hal ini tidak terjadi, maka Anda dapat membuat kesepakatan bersama rekan soal peminjaman uang ini.

4. Catat setiap peminjaman

Setiap orang memiliki keterbatasan masing-masing. Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan seringkali membuat orang lupa akan hal-hal tertentu. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mencoba untuk mencatat setiap besaran uang yang dipinjam. Ini dilakukan sebagai pengingat dan lebih mudah untuk menelusuri pengeluaran Anda.

5. Coba mengingatkan

Setelah memberi batasan waktu, ada baiknya jika Anda juga mencoba untuk mengingatkan apabila sudah tiba tenggat waktu pengembalian. Hal ini dilakukan untuk menghindari apabila kerabat atau saudara Anda lupa akan uang yang pernah dipinjam. (Vna/Ahm)

* Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.