Sukses

Ditolak Wawancara Kerja? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Tidak sedikit dari pelamar yang berakhir ditolak hingga harus mencari kesempatan kerja yang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Satu proses yang sering ditakutkan oleh pelamar adalah wawancara kerja. Disini para pelamar memiliki kesempatan untuk bertemu dengan perwakilan dari perusahaan.

Apabila proses wawancara kerja berjalan lancar, maka pelamar pun dapat masuk dan mendapat posisi yang diinginkan di perusahaan. Namun tidak sedikit dari mereka yang berakhir ditolak hingga harus mencari kesempatan kerja yang lain.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab dari wawancara kerja yang gagal. Berikut 4 hal yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri dilansir dari themuse.com, Rabu (28/6/2016):

 

1. Apa saya benar-benar ingin pekerjaan ini?

Rasa kecewa dan marah pasti muncul setelah penolakan tersebut. Hal ini lumrah adanya. Tapi jangan sampai mengganggu hingga mematahkan semangat yang ada miliki.

Setelah menata diri kembali, coba tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar menginginkan pekerjaan terseebut. Siapa tau kegagalan wawancara disebabkan karena Anda yang sebenarnya kurang niat dalam melamar di pekerjaan tersebut.

2. Apa saya sudah melakukan persiapan dengan matang?

Persiapan merupakan satu hal yang harus Anda pikirkan matang-matang saat melamar pekerjaan. Persiapan yang tidak matang dapat berimbas pada pewawancara yang akhirnya tidak melihat kapabilitas diri Anda.

Selain itu, persiapan juga dapat membuat diri Anda lebih percaya diri dalam melakukan proses wawancara kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Apa yang menyebabkan kegagalan ini?

Coba telisik kembali hal apa yang menyebabkan kegagalan tersebut. Bisa jadi gagalnya Anda di proses rekrutmen kerja dikarenakan hal-hal yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Melakukan introspeksi ini sangat berguna bagi Anda agar nantinya Anda bisa lebih siap apabila kembali dipanggil dalam wawancara kerja.

4. Solusi apa yang dapat saya lakukan selanjutnya?

Setelah berintrospeksi, Anda pun kini dapat mencoba untuk kembali bangkit dan mencari jalan keluar. Cobalah untuk kembali memperbarui resume yang dimiliki. Anda juga dapat mencoba untuk kembali melempar lamaran di beberapa perusahaan impian. (Vna/Ndw)

* Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

** Ingin tahu bagaimana dampak tax amnesty untuk ekonomi dan pasar modal Indonesia? Bagaimana dampak Inggris keluar dari Uni Eropa terhadap ekonomi Indonesia? Saksikan video berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.