Sukses

6 Trik Jitu Pertahankan Fokus Saat Kerja

Walau terdengar sederhana, fokus dalam bekerja merupakan modal penting yang harus dimiliki oleh tiap pegawai.

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya pekerjaan, tenggat waktu pekerjaan yang kian dekat, hingga berbagai gangguan bisa membuat fokus dan pikiran terpecah ketika menyelesaikan pekerjaan. Hal inilah yang seringkali membuat pekerjaan terasa sulit untuk diselesaikan.

Walau terdengar sederhana, fokus dalam bekerja merupakan modal penting yang harus dimiliki oleh tiap pegawai. Mereka yang memiliki fokus yang besar tidak hanya mampu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik, mereka juga biasanya mampu untuk bekerja lebih produktif.

Dikutip dari laman Lifehack.org, Rabu (29/6/2016) berikut 6 hal yang dapat dilakukan untuk mempertahankan fokus saat kerja:

1. Lakukan sesuatu yang menyenangkan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan agar dapat fokus dalam bekerja adalah dengan melakukan kegiatan menyenangkan sebelum memulai kerja.

Melakukan hal ini dapat mendorong minat Anda menjadi lebih baik. Alhasil, pekerjaan Anda selama satu hari penuh pun dapat dikerjakan dengan maksimal.

2. Pilih meja dan kursi kerja yang nyaman

Selain melakukan kegiatan yang menyenangkan, meja dan kursi yang nyaman juga dapat membuat gairah bekerja menjadi semakin besar. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih meja dan kursi yang tepat untuk bekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Organisir tempat kerja

3. Organisir tempat kerja

Fokus seseorang dapat dipengaruhi dari kondisi tempat kerja yang mereka miliki. Kondisi yang rapi dapat membuat semangat dan fokus kerja menjadi lebih baik.

4. Buat agenda kerja

Terkadang, banyak hal yang harus Anda selesaikan dalam satu hari. Sulit bagi beberapa pegawai untuk dapat mengorganisir hal tersebut. Membuat agenda pekerjaan dapat membantu Anda untuk mengetahui hal apa saja yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu

3 dari 3 halaman

Jauhkan dari sosial media

5. Jauhkan diri dari sosial media

Sosial media diciptakan agar kita dapat berhubung dengan kerabat dengan lebih mudah. Namun terkadang, banyak orang yang menjadi kecanduan dengan sosial media baru yang terus bermunculan. Menjauhkan diri dari sosial media saat bekerja merupakan salah satu hal yang dapat Anda lakukan agar tetap fokus dalam bekerja.

6. Batasi penggunaan ponsel

Satu hal yang biasanya sering menjadi gangguan terbesar saat bekerja adalah keinginan untuk selalu mengecek ponsel. Apabila Anda ingin pekerjaan lebih produktif, maka hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan.

Solusi yang dapat dipakai adalah memberlakukan waktu tertentu untuk mengecek ponsel. Dengan begini, ketergantungan Anda untuk membuka ponsel pun menjadi berkurang. (Vna/Ndw)

 * Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.