Sukses

PLN Perkuat Kapasitas Listrik Jatim dan Madura

Tambahan trafo ini dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan dan menambah kapasitas pasokan listrik di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - PLN memperkuat kapasitas listrik di Jawa Timur dengan mengoperasikan 10 transformator /trafo Gardu Induk dengan total daya sebesar 340 Mega Volt Ampere/MVA, serta membangun transmisi 150 kilo Volt di Bangkalan.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN Amin Subekti menuturkan ada tambahan trafo ini dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan dan menambah kapasitas pasokan listrik di Jawa Timur.

Selain itu juga diharapkan dapat menjadi peluang bagi pelaku bisnis dan industri untuk mengembangkan usahanya di Jawa Timur.

"Dengan jaminan suplai energi listrik yang mencukupi dari PLN, memberikan kesempatan para pelaku bisnis dan investor untuk  memajukan usahanya di Jawa Timur tanpa khawatir kekurangan listrik," kata Amin, di Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Selama April-Juni 2016 PLN berhasil membangun 10 trafo tegangan tinggi di wilayah Jawa Timur yang tersebar di sejumlah titik, yakni Segoromadu (Gresik), Sumenep, Altaprima (Gresik), Nganjuk, Pare (Kediri), Pier (Pasuruan), Bumicokro (Pasuruan), Ploso (Jombang), Ngoro (Mojokerto), dan Tanjung Awar-awar (Tuban).

Transmisi 150 kilo Volt Bangkalan-Gilitimur/Ujung/Kenjeran, infrastruktur tersebut ‎untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan tenaga  listrik di Pulau Madura, PLN akan membangun jaringan transmisi listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi / SUTT 150 kilo Volt.

Jaringan transmisi ini merupakan tambahan dari jaringan yang sudah ada yang menghubungkan Gardu Induk/GI Bangkalan dengan GI Gilitimur dan GI Ujung/Kenjeran. Saat ini jaringan transmisi eksisting mampu mengalirkan daya sebesar 200 Megawatt/MW dengan beban sudah lebih dari 90 persen waktu beban puncak

Dengan ada tambahan jaringan transmisi baru, akan menambah daya mampu pasok listrik sebesar 60 MW. Jadi kapasitas total daya mampu dari transmisi Bangkalan/Gilitimur - Ujung/Kenjeran akan meningkat menjadi 260 MW atau naik 30 persen.

Jaringan transmisi baru yang akan dibangun sepanjang 11,5 kilometer sirkuit ini terletak ditopang oleh 31 tower konstruksi. Berlokasi di Bangkalan, melewati 2 kecamatan, dan 7 desa (Kecamatan Burneh, Desa Burneh, Petepan, dan Masaran. Kecamatan Labang, Desa Merkopek, Brigen, dan Baengas). (Pew/Ahm)

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Ingin kembangkan bisnis digital marketing? Simak video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.