Sukses

Rawat Lokomotif, KAI Gandeng General Electric

PT KAI mengoperasikan lebih dari 350 lokomotif GE, dengan lokomotif terbaru adalah lokomotif listrik diesel-electric GE CC206.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menandatangani kesepakatan kerja sama jangka panjang dengan General Electric (GE)‎ mengenai pemeliharaan lokomotif yang saat ini dioperasikan oleh KAI.

Secara lebih detail, pemeliharaan dan perbaikan yang akan dilakukan oleh General Electric tersebut untuk 50 lokomotif listrik diesel CC206 CM-20EMP dan lokomotif diesel-electric terbaru dari armada yang dimiliki PT KAI.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, perjanjian jasa pemeliharaan dan perawatan ini merupakan penambahan jumlah lokomotif yang ditangani GE dari perjanjian yang telah terjalin antara keduanya, sehingga total meliputi 150 lokomotif PT KAI yang akan ditangani oleh GE.

"Perjanjian ini berlangsung selama delapan tahun di sembilan lokasi pemeliharaan utama kereta api yang tersebar di Jawa dan Sumatera," kata Edi, Selasa (28/6/2016).

Perjanjian antara PT KAI dan GE ditandatangani oleh Budi Noviantoro, Logistic Director PT KAI dan David Hutagalung, Presiden Direktur, PT GE Operations Indonesia; dan disaksikan oleh Edi Sukmoro, DIrektur Utama PT KAI, John G. Rice, Chairman GE Global Growth Organization, Mohamed Butt, CEO GE Transportation Asia Pacific dan Handry Satriago, CEO GE Indonesia.

Menurut Edi, GE telah menjadi mitra terpercaya bagi PT KAI selama 60 tahun terakhir untuk memenuhi kebutuhan kereta api di seluruh Indonesia.

"Perjanjian kerja sama pemeliharaan dan perbaikan yang baru ini akan lebih mempererat kerja sama kami dan menjadi wujud komitmen PT KAI agar dapat diandalkan oleh seluruh pihak yang membutuhkan jasa kereta api, selain juga meningkatkan daya guna rolling stock kami secara signifikan," tegas dia.

Mohamed Butt, CEO GE Transportation Asia Pacific menambahkan, pihaknya senang dapat berpartisipasi dalam pengembangan infrastruktur kereta api Indonesia. Perjanjian pemeliharaan dan perbaikan ini akan membantu PT KAI menyediakan jasa lokomotif yang lebih handal untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Kami berkomitment untuk melayani PT KAI dan memberi sumbangsih kepada perkembangan infrastruktur Indonesia yang berkelanjutan di tahun-tahun mendatang," pungkas dia.

Seperti diketahui, saat ini PT KAI mengoperasikan lebih dari 350 lokomotif GE, dengan lokomotif terbaru adalah lokomotif listrik diesel-electric GE CC206.

 


**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.