Sukses

Punya 4 Karakter Ini, Anda Bisa Jadi CEO Perusahaan

Tidak mudah untuk memimpin sebuah perusahaan. Apalagi tidak punya bekal dan karakteristik yang dibutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak mudah untuk memimpin sebuah perusahaa. Apalagi tidak punya bekal dan karakteristik yang dibutuhkan. Anda harus benar-benar punya karakteristik yang bisa membantu Anda menjadi seorang Chief Executive Officer (CEO) alias bos perusahaan.

Dilansir dari World Economic Forum, Jumat (1/7/2016), menurut studi dari Steven N Kaplan di Chicago Booth Schoool of Business dan Morten Sorensen di Copenhagen Business Schoool, ada empat karakter kunci yang bisa memprediksi bahwa Anda bisa jadi CEO: kemampuan umum, kemampuan mengeksekusi, kharisma dan keterampilan strategis.

Kesimpulan tersebut dihasilkan berdasarkan analisis 2.600 wawancara dengan kandidat em jabatan eksekutif seperti CEO, CFO juga COO.

Selama wawancara 4 jam dengan perusahaan profesional, kandidat dinilai dari 30 sifat yang berbeda, seperti integritas, kreativitas, dan persistensi.

Peneliti merangkum 30 sifat itu ke dalam 4 karakteristik tadi.

Kaplan menjelaskan bahwa kemampuan umum adalah yang paling dasar di luar bakat. Kemampuan mengeksekusi meruuk pada kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu, efisien, proaktif, dan gigih.

Karisma adalah menjadi persuasif dan antusiasi. Kemampuan strategis adalah mengenai kreativitas dan berpikir lebih luas.

Setelah diketahui, kandidat CEO mencetak nilai tinggi pada 4 karakteristik itu. Kandidat CFO, di sisi lain, cenderung bernilai rendah pada keempat karakteristik itu, sementara COO berada di tengah-tengah.

Analisis tambahan menemukan bahwa kandidat untuk posisi eksekutif lain di perusahaan (di samping CEO) yang mencetak nilai tinggi pada empat karakter tersebut, punya kemungkinan besar untuk menjadi CEO dalam kurun 5 atau 10 tahun. (Zul/Ndw)

 *Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.