Sukses

Buat CV Lebih Menarik dengan 7 Cara Ini

CV bisa menjadi salah satu tempat bagi Anda untuk mempromosikan diri di depan perusahaan yang akan Anda lamar.

Liputan6.com, Jakarta - Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang penting saat melamar pekerjaan. Melalui CV, sang pewawancara dapat memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya.

CV juga bisa menjadi salah satu tempat bagi Anda untuk mempromosikan diri di depan perusahaan yang akan Anda lamar. Di sanalah tempat Anda untuk menyampaikan apa yang Anda miliki dan berbeda dari yang lainnya.

Walau begitu, belum banyak orang yang mengerti bagaimana caranya untuk membuat CV yang menarik. Melansir Inc.com, Sabtu (2/7/2016) berikut beberapa trik yang dapat dilakukan:

1. Masukkan kata kunci industri

Agar CV Anda lebih mudah disortir, Anda bisa memasukkan kata kunci industri di bagian atas CV Anda. Anda juga bisa menyebutkan beberapa keahlian dan deskripsi singkat tentang diri Anda.

2. Bisa menggambarkan diri Anda

CV yang baik adalah CV yang bisa merepresentasikan diri Anda dengan baik. Untuk itu, pastikan Anda memasukkan semua pengalaman dan keahlian yang dimiliki. Namun jangan sampai informasi yang Anda masukkan jadi berlebihan.

3. Gunakan format profesional

Jangan lupa juga untuk menggunakan format professional dalam CV Anda. Hal ini termasuk menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan menempatkannya dalam tatanan yang baik. Hal ini dilakukan agar tim rekrutmen lebih mudah mengerti akan isi CV Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Hindari kesalahan

Cobalah cek kembali CV Anda. Jangan sampai ada kesalahan yang belum sempat Anda perbaiki. Meminimalisir kesalahan pada CV dapat membuat citra Anda lebih baik nantinya di depan tim rekruitmen.

5. Boleh membuat lebih dari satu lembar

Tidak ada salahnya membuat CV dengan panjang lebih dari satu lembar. Hal ini boleh dilakukan asal isi CV Anda tidak berbelit-belit dan mudah dipahami.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Jangan berbohong

Pastikan setiap konten yang Anda masukan ke dalam CV benar adanya. Jangan sampai konten yang Anda tulis di CV tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya dikerjakan.

7. Jangan masukkan informasi tidak perlu

Buatlah CV dengan informasi yang padat dan efektif. Hal ini dimaksudkan agar CV yang Anda miliki dapat diproses dengan lebih mudah. CV yang memiliki konten yang padat juga lebih disukai oleh tim rekrutmen. (Vna/Ndw)

 *Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.