Sukses

Menganggur tapi Tetap Ingin Produktif? Lakukan 5 Hal Ini

Terkadang sulit rasanya untuk mengetahui kegiatan apa yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang bagi mereka yang menganggur

Liputan6.com, Jakarta Bagi mereka yang baru lulus kuliah atau baru mengundurkan diri dari pekerjaan pasti memiliki waktu luang yang sangat banyak.

Terkadang sulit rasanya untuk mengetahui kegiatan apa yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut.

Tapi tidak perlu khawatir, ada beberapa kegiatan produktif yang dapat dilakukan bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan. Dikutip dari Lifehack.org, berikut ulasannya:

1. Belajar membuat blog

Di era digital yang terus berkembang seperti sekarang, blog merupakan salah satu wadah yang sering digunakan orang untuk mengekspresikan pemikiran yang mereka miliki.

Waktu luang yang banyak bisa Anda pakai untuk belajar membuat blog. Nantinya blog ini bisa digunakan untuk sesuatu yang menguntungkan.

2. Membuat website

Selain membuat blog, Anda juga bisa belajar untuk membuat website. Di internet banyak terdapat beberapa tutorial yang dapat Anda pakai untuk membuat website yang baik. Kemampuan yang Anda miliki dalam membuat website akan sangat berguna di masa yang akan datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjadi penulis

3. Menjadi penulis

Anda gemar menulis dan ingin menghasilkan uang dari kegiatan tersebut? Jika ya, salah satu caranya adalah dengan menjadi penulis artikel lepas (freelance writer).

Kegiatan ini sangat tepat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain itu, menjadi penulis lepas juga bisa membuat Anda mendapat keuntungan tambahan.

4. Bekerja freelance

Selain menjadi penulis, banyak pekerjaan freelance lain yang dapat Anda lakukan. Hal ini tergantung dari kemampuan yang Anda miliki. Anda dapat menekuni freelance di beberapa event management atau mungkin menjadi seorang programmer lepas.

3 dari 3 halaman

Belajar hal baru

5. Belajar hal baru

Jika Anda tidak tertarik bekerja, waktu luang tersebut dapat Anda manfaatkan untuk belajar hal baru. Ilmu nantinya dapat berguna dan dimanfaatkan untuk kesuksesan karir Anda nantinya. (Vna/Ndw)

 *Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.