Sukses

5 Langkah Mudah Hemat Uang untuk Beli Rumah

Perlu banyak persiapan yang harus dilakukan untuk membeli rumah, salah satunya adalah kesiapan matang soal finansial.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang ingin memiliki rumah idaman. Bahkan jika Anda tidak memiliki rencana untuk membeli rumah dalam jangka waktu dekat, mampu membeli rumah akan menjadi salah satu tujuan dalam hidup. 

Sayangnya, hal ini tidaklah semudah itu terwujud. Perlu banyak persiapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah kesiapan matang soal finansial.

Berikut 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapat kesiapan finansial yang matang untuk membeli rumah idaman. Dikutip dari laman moneyunder30.com berikut ulasannya:

1. Tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui seberapa banyak uang yang Anda perlukan untuk membeli rumah. Setelah itu, buat patokan waktu tentang seberapa lama uang tersebut harus Anda kumpulkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masukkan dalam anggaran

2. Masukkan dalam anggaran

Setelah mengetahui seberapa banyak uang yang diperlukan, maka Anda dapat memasukkan hal tersebut pada anggaran yang dimiliki.

Di sini Anda pun dapat kembali menyesuaikan sekiranya berapa jumlah yang dibutuhkan untuk pos-pos kebutuhan lain.

3. Menabung otomatis

Sulit bagi sebagian orang untuk bisa menyisihkan nominal yang besar untuk menabung. Solusinya, Anda dapat menggunakan fasilitas auto-debet yang ada pada bank. Fasilitas ini memungkinkan pendapatan untuk langsung ditabung secara otomatis.

3 dari 3 halaman

Tampung pendapatan

4. Tampung pendapatan besar

Setiap tahunnya, Anda kadang bisa mendapatkan uang diluar pendapatan utama. Sumbernya bisa bermacam-macam seperti bonus akhir tahun, THR, hingga komisi.

Agar uang tabungan rumah bisa terkumpul lebih cepat maka Anda pun dapat menyimpan pendapatan seperti ini.

5. Buat rencana fleksibel

Walaupun Anda sudah membuat perencanaan matang akan berapa uang yang harus disimpan setiap bulannya, Anda juga harus bisa membuat perencanaan yang fleksibel. Hal ini berarti bahwa rencana yang Anda buat tersebut harus bisa diubah apabila ada hal mendadak.

Contohnya saja, anggota keluarga yang sakit, atau perbaikan cepat dari kendaraan Anda. Anda harus benar-benar siap akan hal ini.

 *Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.