Sukses

Menteri PUPR Basuki Pastikan Jalan Nasional Siap Dilalui Pemudik

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalan nasional dalam kondisi siap

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalan nasional dalam kondisi siap, menyusul hasil inspeksi dan tinjauan langsung seluruh pejabat Eselon 1 den 2 Kementerian PUPR ke ruas- ruas jalan di Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

Hasil inspeksi menunjukkan bahwa total jalan dan jembatan sepanjang 18.317 km di seluruh daerah yang ditinjau pada umumnya mantap dan siap dilalui. Angka tersebut terdiri dari 7.961 kilometer jalan dan 42,70 kilometer jalan tol di Sumatera, 7.164 kilometer dan 668 kilometer jalan tol di Jawa-Bali, dan 2.482 kilometer di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

“lnspeksi dilakukan sejak jauh hari agar ada waktu untuk memperbaiki," kata Basuki, Selasa (28/6/2016).

Kementerian PUPR sejak awal 2016 juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Korlantas Polri dan Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan dalam rangka mempersiapkan jalur mudik.

5 Ruas Jalan Tol Baru Dibuka Sementara

Pada mudik tahun ini, masyarakat dapat memanfaatkan 2 ruas tol baru yang telah diresmikan yaitu tol Pejagan-Pemalang Seksi l dan || (Pejagan-Brebes Timur) sepanjang 20,20 kilometer, dan Surabaya-Mojokerto Seksi lV (Mojokerto-Krian) sepanjang 18 kilometer.

Untuk dapat melayani jalur mudik, Kementerian PUPR juga akan membuka sementara 5 ruas jalan tol pada H-3 lebaran. Kelima ruas tersebut adalah ruas Kertosono-Mojokerto (Mojokerto Barat—Mojokerto Utara) sepanjang 5 kilometer, Bawen-Salatiga (15 kilometer), Solo- Ngawi (Solo-Sragen) sepanjang 25 kilometer, dan Gempol-Pandaan (BangiI-Rembang) sepanjang 7 km dan Bakauheni — Terbanggi Besar yaitu dari Sabah Balau-Kota Baru sepanjang 5 km dan Bakauheni — Desa Hatta sepanjang 7,1 km.

Untuk meningkatkan pelayanan di jalan tol, KemenPUPR juga melakukan integrasi transaksi jalan tol dari Jakarta hingga Brebes Timur, yang telah diresmikan penerapannya oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (16/6) lalu. lntegrasi sistem pembayaran tol terbagi dua cluster yaitu Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi serta Cikopo—Palimanan (cluster 1) dan Palimanan-Kanci-Pejagan-Pemalang (cluster 2).

Dengan terintegrasinya pembayaran toI dari Jakarta hingga Brebes Timur, maka transaksi dilakukan secara tertutup pada tiga gerbang tol yaitu Gerbang Tol Cikarang Utama (pengambilan kartu untuk cluster 1), Palimanan (pembayaran tol untuk cluster 1 dan pengambilan kartu untuk cluster 2) dan Brebes Timur (pembayaran to] cluster 2).

Untuk mengurangi kepadatan dan menyingkat waktu transaksi di gerbang tol, Menteri Basuki mengimbau masyarakat untuk melakukan pembayaran tol secara elektronik.

“Supaya tidak terjadi antrean kendaraan yang panjang, sebaiknya gunakan transaksi elektronik. Diprediksi pembayaran setiap kendaraan itu 8 detik,“ tukasnya.

Pembayaran elektronik pada cluster 1 dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, dan BCA, sedangkan cluster 2 melalui Bank Mandiri, BRl, BNI, dan BTN.

Siagakan AIat Berat Antisipasi Bencana Alam

Curah hujan yang relatif meningkat akhir—akhir ini perlu diantISipasi, khususnya bila berpotensi mengakibatkan bencana alam. Basuki mencontohkan sejumlah titik rawan longsor seperti di ruas Kabanjahe—Lawe Pakam & Ruas Tarutung—Sibolga di Sumatera Utara. “Lalu Ruas Pekanbaru-Kandis Riau, Ruas Pekanbaru-Payakumbuh Riau, Ruas Pekanbaru-Jambi dan Ruas Lahat—Batas Bengkulu Sumatera Selatan," ungkapnya.

Untuk itu, Kementerian PUPR telah menyiapkan sejumlah posko di berbagai daerah rawan longsor sebagai langkah antisipasi. Pada posko ditempatkan personil piket dan alat berat. Begitu pula dengan ruas-ruas jalan yang sering banjir, seperti Jalan Raya Kaligawe Semarang yang kerap dilanda rob. Sebagai langkah darurat penanggulan rob, akan dibuat tanggul sementara dari karung. Saat ini juga telah disiagakan 12 pompa untuk menyedot air rob.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Ingin tahu bagaimana kembangkan digital marketing? Simak video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.