Sukses

KEIN: Tax Amnesty Bisa Perluas Basis Pajak

UU tersebut diharapkan bisa mendorong perekonomian dalam negeri hingga menggerakkan ekonomi di sektor rill.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomj dan Industri Nasional (KEIN), menyatakan Undang-Undang (UU) yang baru disahkan DPR tadi siang mampu membawa angin segar dalam perekonomian dalam negeri. UU tersebut diharapkan bisa mendorong perekonomian dalam negeri hingga menggerakkan ekonomi di sektor rill.

Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta mengatakan selain diharapkan berdampak pada bergeraknya perekonomian di sektor rill, dia juga menilai tax amnesty bisa menjadi bagian dari tambahan penerimaan negara. Sebab, ada arus modal masuk ke dalam negeri dari yang sebelumnya tertampung di luar negeri .

"Di samping itu, adanya UU tax amnesty ini diharapkan dapat memperluas basis pajak ke depan, sehingga kita tidak harus melihat hal-hal dalam tahun fiskal 2016 ini saja tetapi juga 2017 dan tahun-tahun berikutnya menjadi bagian dari ekstensifikasi penerimaan," ujarnya kepada Liputan6.com saat berbincang di kantor KEIN di Jakarta, Selasa (27/6/2016).

Selain itu, menurut Arif, tax amnesty dinilai akan menjadi satu bagian dalam kerangka penguatan fiskal Indonesia yang selama ini kebijakannya ekspansif.

"Untuk menyokong kebijakan fiskal yang ekspansif itu Indonesia cenderung memperlebar utang dengan penerbitan obligasi. Dengan ini maka secara perlahan-lahan ketergantungan kita terhadap utang akan terlepas. Itu harapannya," ungkapnya.

Atas dasar itu, dia berharap, dalam pengampunan pajak ada kewajiban dana dari luar untuk masuk ke dalam negeri. Di mana harta dari luar dideklarasikan kemudian direpatriasasi ke dalam negeri dalam wujud surat berharga berupa saham maupun obligasi yang masuk ke sektor rill.

Dengan begitu maka diharapkan hal tersebut mampu menggerakan pertumbuhan investasi secara agregat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperbesar kue dari domestik.

"Karena tax amnesty ini terepatriasi masuk ke dalam sektor strategis nasional, maka ini kemudian diharapkan akan membantu likuiditas dan mempercepat penguatan daya saing indonesia serta membantu membangkitkan semangat deindustrialisasi," pungkasnya. (Eka Rina)

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.