Sukses

Mau Mudik? Lewati 5 Ruas Tol Ini

5 ruas jalan tol siap digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, sebanyak 5 ruas jalan tol siap digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini. Layanan di jalan tol pun dijanjikan akan meningkat sehingga dapat mengurai kemacetan, seperti pembayaran tol terintegrasi dan penyediaan layanan transaksi elektronik.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pihaknya membuka dua jalan tol sementara hanya untuk melayani arus mudik, yakni ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 kilometer (km) Jawa Tengah, dan Solo-Kertosono membentang 20 km, Jawa Tengah (antara Solo-Sragen).

“Jalan tol ini dibuka sementara untuk menghindari kota Salatiga dan Solo. Kami kerjasama dengan Korlantas, karena rambu-rambu masih nol, tapi bukan tanah melainkan land konkret,” ujar dia seperti ditulis Rabu (29/6/2016).

Sementara jalan tol yang sudah beroperasi penuh, diakui Basuki, ada tol Pejagan-Pemalang sampai Brebes Timur sepanjang 26 km di Jawa Tengah. Ruas Surabaya-Mojokerto sepanjang 18 km di Jawa Timur, serta Kertosono-Mojokerto atau Mojokerto Barat-Mojokerto Utara terbentang 5 km di Jawa Timur.  

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ menambahkan, jembatan Senjoyo di ruas tol Bawen-Salatiga baru akan memulai pengecoran, sehingga diperkirakan baru besok bisa dilalui kendaraan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Korlantas akan ada skenario contraflow dan jemput bola di gerbang tol. Sedangkan di tol Brebes Timur disiapkan 8 gerbang ke arah ke luar dan 4 gerbang menuju pintu masuk,” tutur dia.

Hal ini dilakukan karena ada pembayaran tol dari Jakarta-Brebes Timur, sehingga transaksi dilakukan secara tertutup di tiga gerbang, yakni Cikarang Utama (pengambilan kartu untuk kluster 1 Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi serta Cikopo-Palimanan), Palimanan (pembayaran tol untuk kluster 1 dan kluster 2 Palimanan-Kanci-Pejagan-Pemalang), serta Brebes Timur (pembayaran tol kluster 2).

“Tahun ini juga diresmikan jalan lingkar Sumpiuh pada 22 Juni lalu sehingga diharapkan pemudik dari arah Purwokerto ke Yogyakarta atau menuju Solo dapat melalui jalan lingkar tersebut dan terhindar dari 3 simpul kemacetan di Sumpiuh, Banyumas,” terang Herry.(Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.