Sukses

Top 3: Jalan Tol yang Tak Bisa Buat Mudik

Berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (29/6/2016) pagi:

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan dan jembatan di seluruh Indonesia siap dilalui kendaraan pemudik selama momen Lebaran. Sementara jalan tol Trans Sumatera belum dapat melayani pemudik lantaran masih dalam tahap konstruksi.

“Jalan nasional sudah bisa dilalui pemudik, tapi jalan tol Trans Sumatera belum bisa difungsikan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Basuki merinci jalan yang sudah bisa dilalui terdiri dari 7.961 Km jalan dan 42,70 Km jalan tol di Sumatera, sepanjang 7.164 Km dan 668 Km jalan tol di Jawa-Bali, serta 2.482 Km di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Artikel mengenai jalan mana saja yang sudah bisa dilalui saat mudik Lebaran ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada artikel lain yang juga layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (29/6/2016) pagi:

1. Tol Trans Sumatera Belum Bisa Dilalui Saat Mudik Lebaran

Proyek Tol Trans Sumatera. (Foto: Zulfi Suhendra/Liputan6.com)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan dan jembatan di seluruh Indonesia siap dilalui kendaraan pemudik selama momen Lebaran. Sementara jalan tol Trans Sumatera belum dapat melayani pemudik lantaran masih dalam tahap konstruksi.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Herry TZ mengaku, jalan tol Trans Sumatera belum dapat dimanfaatkan pemudik untuk melayani arus mudik Lebaran lantaran masih dalam tahap konstruksi sipil.

“Rata-rata (jalan tol) dalam konstruksi sipil, tanahnya harus dipadatin dulu. Kalau masih ada rumah, dipindahkan (digusur),” paparnya. Berita selengkapnya baca di sini.

2. Ini Manfaat dari Tax Amnesty Bagi Indonesia

Program ini diprediksi bisa mendatangkan penerimaan pajak hingga Rp 100 triliun di 2016.

Anggota Komisi XI DPR Donny Imam Priambodo mengatakan Undang-Undang (UU) Pengampunan Pajak (tax amnesty) yang baru saja disahkan merupakan bagian dari reformasi perpajakan.

Menurut dia, Adanya UU ini membuat perluasan basis data perpajakan yang lebih valid, komprehensif, dan terintegrasi untuk penerimaan pajak di tahun-tahun selanjutnya.

Implementasi dari pengampunan pajak ini juga akan mampu mempercepat pertumbuhan dan restrukturisasi ekonomi melalui pengalihan harta. Selain itu akan berdampak terhadap peningkatan likuiditas domestik, perbaikan nilai tukar rupiah, penurunan suku bunga, dan peningkatan investasi. Berita selengkapnya baca di sini.

3. Ini Fasilitas SPBU Pertamina Buat Pemudik

Kebijakan ini dilatarbelakangi turunnya kuota subsidi BBM di APBN-P 2014 dari 48 juta kiloliter menjadi 46 juta kiloliter, Senin (4/8/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PT Pertamina (Persero) memberikan layanan tambahan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Selain melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM), di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Pertamina akan menyediakan fasilitas lain secara cuma-cuma.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, Pertamina sedang mengkampanyekan program BBM yang merupakan kependekan dari Bareng-bareng Mudik. Dalam program ini, Pertamina memberikan konsumen setia fasilitas gratis seperti tempat makan, musholla, dan toilet serta fasilitas gratis lainnya yang di perlukan masyarakat saat melaksanakan tradisi mudik bareng dan terpaksa berbuka puasa dalam perjalanan mudiknya.

"Ramadan dan tradisi mudik bareng adalah momen terbaik untuk mengedukasi sekaligus memberikan layanan secara gratis Pertamina kepada konsumen setianya," jelas Wianda, di Jakarta, Selasa (28/6/2016). Berita selengkapnya baca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.