Sukses

4 Hal yang Perlu Anda Miliki Saat Melamar Pekerjaan

Banyak hal yang diperhitungkan ketika Anda melamar pekerjaan, tetapi ada 4 hal yang perlu Anda miliki saat melamar pekerjaan.

Liputan6.com, New York - Mungkin selama ini Anda fokus untuk memperindah CV Anda, berusaha menuliskan berbagai pengalaman Anda di perusahaan terkenal, atau berusaha menjelaskan sekolah bergengsi tempat Anda mengemban ilmu sebelumnya.

Hal tersebut mungkin akan menjadi perhitungan untuk Anda diterima pekerjaan atau tidak, tetapi sesungguhnya ada 4 hal yang memperlihatkan kualitas sesungguhnya dari diri Anda sebagai calon pekerja.

Berikut 4 hal yang perlu Anda miliki saat melamar pekerjaan, seperti dikutip dari fortune.com, Rabu (29/6/2016):

1. Fleksibilitas

Anda mungkin handal dalam merancang sebuah program software, tetapi hal ini tidak menjadi pertimbangan lamaran pekerjaan Anda jika kemampuan Anda hanya terfokus pada hal tersebut.

Dalam suatu pekerjaan, Anda dituntut fleksibel, mampu mengerjakan apa saja, dapat berkomunikasi dengan baik, bahkan bersedia bekerja di luar zona nyaman Anda.

2. Motivasi Diri

Untuk mendapatkan suatu pekerjaan, Anda harus menunjukkan bahwa diri Anda mampu bekerja di bidang tersebut. Anda harus memotivasi diri Anda sendiri, dan terlihat percaya diri pada proses wawancara.

Bukan hanya berbicara omong kosong semata, Anda harus memperlihatkan kemampuan Anda melalui kerja nyata.

3. Minat

Pastikan pekerjaan yang Anda akan jalani sesuai dengan minat. Pada saat ini, banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang bekerja bukan karena mereka harus bekerja, tetapi karena mereka berminat dalam pekerjaan tersebut, dan menjadikan pekerjaan tersebut bagian dari hidup mereka.

4. Berani

Jangan pernah takut untuk menyuarakan pendapat Anda di lingkungan kantor, baik terhadap bawahan maupun atasan Anda sendiri. Anda harus percaya bahwa apa yang Anda katakan akan memberikan solusi bagi kesuksesan terhadap perusahaan Anda.

Berbicaralah dengan bahasa yang santun, agar solusi yang Anda berikan tidak terdengar sebagai bantahan terhadap pendapat atasan Anda. (Aldo Lim)

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.