Sukses

5 Tips Berhemat yang Jitu

Agar masa depan terjamin, Anda tak hanya perlu menyimpan kelebihan uang tapi juga perlu untuk membatasi berbagai pengeluaran.

Liputan6.com, Jakarta - Uang yang Anda miliki saat ini bukan menjadi jaminan kelak di hari tua. Roda berputar, saat ini mungkin Anda memiliki harta yang berlimpah, tapi bukan tidak mungkin nanti Anda mengalami kebangkrutan jika tidak melakukan penyimpanan uang dengan baik.

Agar masa depan terjamin, Anda tak hanya perlu menyimpan kelebihan uang tapi juga perlu untuk membatasi berbagai pengeluaran. Anda juga harus mempunyai strategi agar tabungan Anda terus bertambah, bukannya berkurang.

Berikut 5 tips untuk menyimpan uang Anda seperti dikutip dari lifehack.org, Rabu (29/6/2016):

1. Tingkatkan Sistem Keuangan Anda

Pola hidup berubah seiring waktu, sehingga sistem keuangan Anda yang telah bekerja dengan baik pada masa lalu, mungkin saja tidak berguna pada saat ini.

Hal ini bukan berarti Anda harus berhenti membatasi anggaran, hal ini berarti Anda harus mencari sistem yang lebih baik.

Salah satu sistem yang baik adalah menyiapkan dua rekening berbeda, di mana satu rekening digunakan untuk melakukan pembayaran kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan sembako, pembayaran listrik, air dan telepon. Sedangkan rekening lainnya digunakan hanya untuk menabung, tidak boleh ada pengeluaran sedikitpun.

2. Cari Potongan Harga

Setiap pusat perbelanjaan biasanya menawarkan potongan harga. Jangan malas untuk mencari informasi tentang potongan harga ini, bahkan jangan malu untuk bertanya.

Beberapa toko biasanya tidak menjelaskan potongan harga atau diskon yang mereka berikan secara jelas, jadi Anda perlu bertanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersabarlah

3. Bersabarlah

Ke depannya, Anda harus meyakinkan diri Anda untuk tidak belanja barang secara instan. Jika Anda memang menginginkan suatu barang, mintalah penjaga toko untuk menyimpannya di kemudian hari.

Jika pada beberapa hari kemudian Anda masih menginginkan barang tersebut, maka belilah barang itu. Hal ini terbukti dapat mengurangi pengeluaran Anda.

4. Minta Dukungan Teman

Mungkin lebih mudah bagi Anda untuk menyimpan uang ketika Anda tidak sendirian. Ajaklah teman-teman Anda untuk berhemat.

Selain itu, ceritakan kepada mereka tentang tujuan Anda menabung. Dengan dukungan dari teman dan keluarga Anda, Anda akan lebih bersemangat untuk menyimpan uang.

5. Selalu Cek Harga

Mungkin Anda selama ini membeli barang di suatu tempat tanpa melihat dengan jeli harga barang tersebut. Hal ini adalah salah satu kesalahan yang membuat pengeluaran Anda membengkak.

Banyak toko di luar sana, yang mungkin saja menjual barang tersebut lebih murah. Berusahalah mencari informasi, dan membandingkan harga suatu barang satu sama lain. (Aldo Lim)

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.