Sukses

Pemerintah Larang PNS Terima Hadiah Saat Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi  menegaskan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak boleh menerima Tunjangan Hari Raya/THR ataupun hadiah dari pihak lain. Lantaran, hal tersebut telah melanggar ketentuan Undang-Undang.

Yuddy mengatakan, PNS tidak boleh menerima bingkisan baik berupa uang maupun barang yang memiliki keterkaitan dengan jabatan dan pekerjaannya.

"Sudah diatur sumpah pegawai PNS, sudah diatur di Undang-undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang tindak pidana korupsi dan gratifikasi‎," kata dia di Kementerian PAN-RB Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Dia mengatakan, pemerintah sendiri telah memberikan THR kepada PNS. THR yang diberikan untuk pertama kalinya ini ialah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan PNS.

"Jadi kalau sudah menerima THR maka secara etis dan moral tidak pantas menerima bingkisan, THR, baik barang dan uang  yang dari pihak lain terkait jabatan dan pekerjaannya," ujar dia.

Yuddy Chrisnandi sendiri telah mengeluarkan surat edaran kepada instansi pemerintah terkait larangan meminta THR atau hadiah tersebut. Dia juga meminta, seluruh pimpinan instansi untuk memberikan sanksi tegas jika ada PNS yang terbukti menerima THR atau hadiah dari pihak lain.

‎"Kami meminta seluruh‎ pejabat pembina kepegawaian memberi sanksi ke pajabat dengan sadar menerima, apalagi meminta, karena ada beberapa menggunakan kop meminta THR itu dilarang‎," tutur dia. (Amd/Ahm)

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Ingin tahu bagaimana kurangi beban bunga KPR? Simak video berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Kenali Pekerjaan yang Cocok melalui Zodiak Anda
Artikel Selanjutnya
Setahun di Kabinet Jokowi, Apa Saja Prestasi Sri Mulyani?