Sukses

Genjot Ekspor, Pemerintah Gelar Pameran Buah Skala Internasional

Pemerintah berencana menggelar festival buah berskala internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menggelar festival buah berskala internasional. Tujuan gelaran tersebut dalam rangka memperkenalkan dan memacu ekspor buah-buah tropis asal Indonesia di kancah dunia.

Pemerintah baru saja menggelar rapat koordinasi penyelenggaraan festival buah di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Hadir dalam rapat tersebut Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong. Dipimpin Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

“Tadi disepakati kita akan menggelar pameran atau festival buah. Ini skala besar lho,” kata Amran saat berbincang dengan wartawan usai rakor, Kamis (30/6/2016).

Dia mengaku, pameran buah diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan produksi buah dari petani lokal serta membuka akses pasar ekspor seluas-luasnya bagi buah asli Indonesia.

“Tujuannya kita ingin mengedukasi petani, mendorong petani kita menggiatkan produksi. Kita juga ingin membuka pasar luar negeri,” terangnya.

Dijelaskan Amran, ekspor buah Indonesia mengalami peningkatan hingga 34 persen, sementara impor turun 17,4 persen termasuk impor buah dari China. Kondisi ini menunjukkan bahwa produksi buah lokal semakin meningkat.

“Produksi buah kita makin bagus dong, buktinya ekspor naik 34 persen, sedangkan impor turun 17,4 persen. Buah nanas, mangga, pisang, dan manggis lokal sudah ekspor,” tutur dia.

Sayang ketika ditanyakan mengenai lokasi dan waktu penyelenggaraan festival buah di Tanah Air, Amran maupun pejabat terkait masih bungkam. “Nanti saja, masih ada rapat selanjutnya,” pungkasnya.

 

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.