Sukses

Pemerintah Akan Bangun Kereta Bandara Express Line

Kereta api bandara Express Line akan menghubungkan Gambir, Stasiun Kota, Pluit dan Bandara Soetta.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun kereta api bandara Express Line. Pembangunan kereta bandara ini sudah dalam tahap pembahasan di Kementerian Koordinator Bidang Perekenomian (Kemenko).

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono mengatakan, kereta bandara ini akan menghubungkan Gambir, Stasiun Kota, Pluit dan kemudian berlanjut ke Bandara Soekarno-Hatta Banten.

"Feasibility study memang belum ada. Nanti akan ditunjuk penugasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kalau jadi. Ini masih dirancang, dibahas di tingkat Kemenko," kata dia di Hotel Milenium Jakarta, Rabu (30/6/2016).

Dia mengatakan, untuk pembangunan kereta tersebut sedang dalam pembahasan. Untuk merealisasikannya, perlu menunggu Peraturan Presiden (Perpres).

"‎Sebenarnya sudah diusulkan Kemenhub, tapi dibahas Kemenko. Teman-teman Setkab untuk dikeluarkan Perpresnya. Harusnya tahun ini, hampir dipastikan tahun ini," ujar dia.

Dia menambahkan, setelah Perpres keluar proyek ini akan digarap oleh BUMN. Kemudian pemerintah dalam hal ini Kemenhub akan mengganti proyek tersebut. "‎Ini proyek pemerintah, dibangun dulu, tahun berikutnya baru dibayar," ujar dia. (Amd/Ahm)

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Ingin sukses dapat pembiayaan KPR? Simak video berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.