Sukses

Kekhawatiran Brexit Mereda Angkat Bursa Asia

Indeks saham MSCI Asia Pacifik menguat 0,2 persen menjelang akhir pekan ini.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia bergerak menguat pada perdagangan saham Jumat pekan ini seiring kekhawatiran Britain Exit/Brexit sudah mereda di pasar keuangan.

Indeks saham MSCI Asia Pacifik di luar Jepang naik 0,2 persen. Indeks saham acuan regional perlahan pulih dari tekanan yang terjadi pada pekan lalu usai keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Indeks saham Jepang Nikkei naik 0,8 persen setelah yen melemah. Indeks saham Korea Selatan Kospi naik 0,3 persen. Kemudian indeks saham Australia/ASX naik 0,6 persen. Indeks saham Selandia Baru mendaki 0,1 persen.

Penguatan bursa saham Asia ini juga didorong dari harapan pelaku pasar terhadap bank sentral yang akan mencegah ketidakpastian dari keputusan Inggris untuk meninggalkan Eropa. Bank sentral Inggris atau Bank of England akan memangkas suku bunga acuan pada pertemuan bulan depan.

Selain itu, bank sentral Jepang juga menyatakan akan memberikan stimulus ke pasar. "Pelaku pasar bereaksi postiif terhadap suku bunga acuan. Dengan suku bunga acuan tetap rendah, kemudian yang jadi konsentrasi kebijakan selanjutnya jika ekonomi global melambat," ujar Chris Green Direktur First NZ Capital seperti dikutip dari laman Bloomberg, Jumat (1/7/2016).

Di pasar komoditas harga minyak Amerika Serikat (AS) naik 0,2 persen ke level US$ 48,42 per barel. Sementara itu, di pasar uang, dolar AS berada di posisi 103,11 terhadap yen. (Ahm/Zul)

 

*Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

Ingin tahu apa dampak brexit dan tax amnesty ke pasar modal Indonesia? Simak video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.