Sukses

Jokowi Canangkan Program Pengampunan Pajak Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo pagi ini dijadwalkan akan mencanangkan program tax amnesty atau pengampunan pajak demi mengejar target pajak dalam RAPBNP 2016.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan mencanangkan program itu di Kantor Pusat Direktorat Jendral Pajak (DJP) pada pagi ini pukul 09.00 WIB.

Hingga saat ini, Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi sudah menunggu di kantor Ditjen Pajak Jalan Jenderal Gatot Subroto. Hadir juga pejabat lain seperti Menteri Perdagangan Thomas Lembong juga Jaksa Agung HM Prasetyo, juga pejabat negara dan menteri lain yang dijadwalkan hadir.

Terkait disahkannya Undang-Undang Pengampunan Pajak, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan akan segera menerbitkan tiga Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai aturan turunan dari Undang-Undang Pengampunan Pajak/tax amnesty yang disahkan kemarin.

"Dari UU tax amnesty, nanti akan dikeluarkan paling tidak tiga PMK. Rencananya akan selesai minggu ini. Nanti akan disesuaikan juga dengan kapan ini akan diundang-undangkan. Kami akan mempercepat supaya semuanya beres," ujar dia.

Sedangkan untuk pemberlakuan kebijakan ini, Bambang menargetkan baru bisa beroperasi penuh setelah Lebaran, termasuk untuk pelayanan dan pendaftarannya.

"Tapi operasional penuh UU ini setelah Lebaran. Termasuk pendaftaran dan persiapan kantor-kantor pajak di daerah," kata dia.

Sementara itu, untuk memastikan data wajib pajak yang ikut dalam pengampunan pajak (tax amnesty) tidak akan dibuka ke publik meski pun periode berlaku kebijakan ini telah habis.

Bambang mengungkapkan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tetap menjamin kerahasiaan data uang diberikan wajib pajak. Hal ini karena Kemenkeu telah berkomitmen sebelum UU Pengampunan Pajak disahkan.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.