Sukses

Kesiapan PLN Antisipasi Gangguan Listrik Saat Lebaran

PLN melakukan pengecekan pada seluruh jaringan tenaga listrik untuk mengantisipasi gangguan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya/Disjaya telah mempersiapkan langkah-langkah operasional untuk mengantisipasi dan menyelesaikan gangguan saat hari Raya Idul Fitri 1437 H.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya/Disjaya Syamsul Huda mengatakan,‎ PLN melakukan pengecekan pada seluruh Jaringan Tenaga Listrik (JTL) di wilayah Disjaya untuk mengantisipasi gangguan. Hal itu terutama kondisi JTL yang kritis, yang diperkirakan dapat menimbulkan gangguan padam di sisi pelanggan.

"Apabila diketahui ada jaringan yang rawan gangguan akan segera diperbaiki," kata Syamsul, di Jakarta, ‎Jumat (1/7/2016).

Syamsul melanjutkan, pada sistem 20 KV diusahakan kondisi jaringan dalam keadaan normal. Apabila terdapat gangguan, maka akan dilakukan pengalihan jaringan dengan melihat kemampuan peralatan distribusi di sisi 20 KV sehingga daerah yang terganggu bisa diisolir dan segera dilakukan perbaikan.

PLN Disjaya juga mempersiapkan 6 Mobil Unit Deteksi Gangguan Kabel, 14 Mobil Unit Gardu Bergerak (UGB), 16 Mobil Unit Trafo Bergerak (UTB), 8 Mobil Unit Kabel Bergerak (UKB), dan 13 Unit Genset.

Bekerja sama dengan unit-unit dan anak perusahaan PLN terkait, yaitu PT Indonesia Power dan PT Pembangkitan Jawa Bali dari sisi pembangkitan serta PLN Pusat Pengatur Beban dan PLN Transmisi Jawa Bagian Barat dari sisi transmisi,lebih meningkatkan kesiapan pelayanan gangguan Jaringan Tenaga Listrik (JTL), dengan cara piket standby bagi petugas pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR), khususnya dalam hal percepatan mengatasi gangguan dan atau pemulihannya.

Peningkatan kesiapan piket operasional ini didukung 66 unit mobil pelayanan dan 59 unit motor  layanan cepat di seluruh posko pelayanan teknik.

Melakukan pantauan ke masjid-masjid lokasi sholat led di Jakarta sejumlah 306 lokasi, serta membuat sistem pengamanan aliran listrik yang memasok daerah VIP seperti Masjid Istiqlal dengan skenario pengalihan beban listrik apabila terjadi gangguan

"Demikian yang bisa kami sampaikan, terima kasih atas partisipasi dan kerja samanya. Semoga segala khilaf dan salah bisa suci kembali dalam wujud kami yang tetap berusaha melakukan yang terbaik," tutur Syamsul. (Pew/Ahm)

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.