Sukses

Sepekan Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Tembus Rp 130 Ribu/Kg

Harga tersebut berpeluang makin naik di H-3 Lebaran maupun di malam takbiran dengan perkiraan menembus Rp 135 ribu-Rp 140 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan menjelang Lebaran, harga-harga bahan pangan di Pasar Senen, Jakarta Pusat terpantau mulai merangkak naik. Harga cabai dan bawang naik Rp 5.000-Rp 15 ribu per kilogram (kg).

Sementara harga daging sapi bahkan menembus Rp 130 ribu per kg dari sebelumnya Rp 120 ribu per kg.

Salah seorang pedagang daging di Pasar Senen, Edo‎ (45) asal Bogor mengaku, harga jual daging sapi saat ini berkisar Rp 125 ribu-Rp 130 ribu per kg atau naik Rp 5.000-Rp 10 ribu dari harga sebelumnya Rp 120 ribu per kg.

"Biasanya begini kalau mau mendekati Lebaran, harga daging sapi ikut naik. Baru hari ini saja harganya Rp 125 ribu-Rp 130 ribu per kg, sebelumnya kan dijual Rp 120 ribu," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (1/7/2016).

Menurut Edo, harga tersebut berpeluang makin naik di H-3 Lebaran maupun di malam takbiran dengan perkiraan menembus Rp 135 ribu-Rp 140 ribu per kg. "Walaupun pasokannya banyak, harga daging sapi tidak mungkin turun mendekati Lebaran, apalagi permintaan meningkat," dia menjelaskan.

‎Pedagang lain di Pasar Senen, Feng Lung (50) menjual daging ayam seharga Rp 30 ribu per kg dan Rp 50 ribu per kg untuk daging ayam fillet. Harga itu naik Rp 2.000 per kg dari harga sebelumnya.

"Mau Lebaran sudah tradisi harga-harga kebutuhan pokok melambung. Bisa jadi nanti harga daging ayam mencapai Rp 36 ribu per kg dan fillet Rp 60 ribu per kg. Karena harga daging ayam paling tinggi biasanya Rp 37 ribu dan fillet Rp 60 ribu per kg," tutur dia.

Dijelaskan Feng Lung, kenaikan harga tidak terlepas dari euforia masyarakat menjelang Hari Raya dengan mengonsumsi daging ayam, selain daging sapi.

Apalagi karena permintaan yang tinggi, pengusaha daging ayam harus menggunakan tenaga kerja sewaan dengan biaya lebih tinggi untuk mengisi kekosongan pegawai yang mudik Lebaran.

"Biasanya pengusaha ayam mengantar ternak dengan menyewa tenaga kerja sementara. Dan itu upahnya lebih mahal biasanya Rp 5 ribu menjadi Rp 15 ribu. Biaya ini dibebankan ke harga daging ayam," dia mengatakan.

‎Sementara untuk harga cabai dan bawang, pedagang sayur Sarip Hidayat (40) mengungkapkan, harga bawang merah dan cabai rawit merah mulai menggila kenaikannya dari Rp 5.000-Rp 15 ribu per kg.

"Contohnya bawang merah dijual seharga Rp 40 ribu per kg atau naik dari harga sebelumnya Rp 35 ribu per kg. Cabai rawit merah dari Rp 25 ribu menjadi Rp 40 ribu per kg. Sedangkan kentang harganya Rp 20 ribu dari sebelumnya Rp 15 ribu per kg," tutur dia. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini