Sukses

5 Tips Hemat Saat Beli Oleh-Oleh Mudik Lebaran

Beli oleh-oleh atau buah tangan untuk teman kantor, teman rumah, atau keluarga di kota saat pergi mudik Lebaran sudah jadi tradisi.

Liputan6.com, Jakarta - Beli oleh-oleh atau buah tangan untuk teman kantor, teman rumah, atau keluarga di kota saat pergi mudik Lebaran sudah jadi tradisi.

Tidak lengkap rasanya pergi mudik ke kampung halaman tanpa membawa buah tangan ketika kembali sampai di rumah nanti.

Untuk menekan jumlah pengeluaran, Anda bisa beli oleh-oleh murah saat mudik lebaran dengan menggunakan lima tips berikut ini seperti dikutip CekAja.com:

1. Jangan takut menawar

Saat belanja di pasar, bazar atau toko grosiran Anda harus berani untuk menawar. Tidak perlu takut menawar ketika ingin berbelanja di kampung halaman.

Tetapi, Anda juga jangan menawar secara sadis karena para pedagang juga berjualan untuk mencari keuntungan. Ingat, jangan takut untuk menawar selama Anda menawar dengan harga yang masuk akal.

2. Gunakan bahasa daerah

Salah satu cara mendapatkan oleh-oleh dengan harga miring ketika mudik Lebaran adalah menawar dengan bahasa daerah. Bagi Anda yang merupakan orang asli daerah tersebut, sedikit banyak tentu mengerti bahasa setempat.

Maka dari itu, manfaatkan kemampuan bahasa daerah ketika belanja oleh-oleh. Kalau Anda tidak bisa berbahasa daerah mulai sekarang bisa mempelajarinya sebelum pergi mudik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan pakai baju bagus

3. Jangan pakai baju bagus

Bisa dibilang ini merupakan hal yang sering diabaikan orang ketika belanja oleh-oleh di daerah. Banyak pedagang yang sering memberikan harga lebih mahal kepada para pendatang.

Untuk itu, Anda harus berpenampilan layaknya orang sekitar. Jangan terlalu mencolok, hindari pakaian terlalu bagus yang menunjukkan bahwa Anda pendatang.

4. Jalan kaki tidak perlu bawa mobil

Kalau lokasi belanja oleh-oleh tidak jauh-jauh amat dari tempat menginap, sebaiknya Anda pergi tanpa menggunakan mobil. Naik angkutan umum atau bahkan berjalan kaki bisa lebih baik. Kenapa demikian?

Karena tidak sedikit pedagang tradisional yang memberikan standar harga lebih mahal apabila melihat pembelinya datang menggunakan mobil bagus. 

3 dari 3 halaman

Beli banyak sekaligus

5. Beli banyak sekaligus

Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk beli oleh-oleh dengan harga murah ketika mudik. Benar sekali, beli banyak barang belanjaan sekaligus bisa membuat Anda mendapatkan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan membelinya secara eceran.

Bahkan, harga yang diberikan bisa lebih murah hingga 25-50 persen tergantung berapa banyak barang yang dibeli. (Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.