Sukses

Dalam Sepekan Investor Asing Borong Saham Rp 5,93 Triliun

Rata-rata nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia naik 42,17 persen dari Rp 6,11 triliun menjadi Rp 8,69 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 2,83 persen menjadi 4.971, 58 selama sepekan ini atau pada 27 Juni hingga 1 Juli 2016. Penguatan IHSG didorong oleh aksi beli bersih investor asing yang mencapai Rp 5,93 triliun.

"‎Secara tahunan, aliran dana investor asing di pasar saham masih tercatat beli bersih dengan nilai Rp14,01 triliun," kata Kepala Komunikasi Perusahaan BEI Dwi Shara Soekarno dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (2/7/2016).

Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 5.187,53 triliun menjadi Rp 5.340,9 triliun.‎

BEI mencatat terjadi kenaikan nilai transaksi harian yang cukup signifikan pada pekan ini. Rata-rata nilai transaksi harian naik 42,17 persen dari Rp 6,11 triliun menjadi Rp 8,69 triliun. Namun, rata-rata volume dan frekuensi harian mengalami penurunan.

"Rata-rata volume transaksi harian mengalami penurunan 0,39 persen dan rata-rata frekuensi harian turun 3,53 persen," tambah dia.

‎Untuk mendorong pasar modal, pekan ini BEI meresmikan Pusat Informasi Go Public. Peresmian ini dilakukan agar masyarakat mudah mendapatkan informasi mengenai go public dan keuntungan berstatus sebagai perusahaan tercatat di BEI.

Pekan ini menjadi pekan yang menarik bagi pasar modal. Lantaran, IHSG sempat menembus level 5.000. Atas peristiwa ini, Direktur Utama BEI Tito Sulistio memenuhi janjinya untuk pulang ke rumahnya Pondok Indah dari SCBD dengan jalan kaki.

"Direktur Utama BEI, Tito Sulistio berjalan kaki dari gedung kantor bursa di SCBD, menuju kawasan rumahnya di Pondok Indah di hari terakhir perdagangan bursa sebelum libur Lebaran," tukas dia.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • IHSG