Sukses

Menteri Jonan: Saya Temani Wagub Djarot Biar Tak Pulang ke Blitar

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melepas keberangkatan para pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api di Stasiun Pasar Senen.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melepas keberangkatan para pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sebelumnya Jonan telah melepas para pemudik yang menggunakan bus di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. 

Pada pelepasan pemudik kali ini, Jonan ditemani oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.  kereta yang dilepas ialah kereta yang disewa khusus oleh PDI Perjuangan untuk mengantar para pemudik ke beberapa wilayah di Jawa Timur.

"Kereta ini disewa khusus oleh PDIP untuk mengangkut pemudik secara gratis. Tujuannya akhir Kediri, jadi lewat Blitar juga. Lah ini Wagub DKI orang Blitar, saya temani di sini biar dia tidak ikut pulang," canda dia, di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Sabtu (2/7/2016).

Jonan menjelaskan, kereta yang disewa tersebut merupakan kereta baru. Harapannya, kereta yang baru ini akan menggantikan kereta-kereta lama. "Kereta ini adalah salah kereta model baru, diproduksi baru tahun ini. Untuk menggantikan kereta-kereta yang usianya lebih 30 tahun. Kemudian hari, mudah-mudahan 2019 kereta ekonomi modelnya begini," kata dia.

Ada 742 kursi yang disediakan untuk mudik kali ini dengan rute Cirebon-Purwokerto-Madiun-Yogyakarta-Blitar-Kediri. Djarot mengatakan, dengan menggunakan kereta api, para pemudik juga bisa terhindar kemacetan di jalur-jalur mudik menjelang Lebaran.

Djarot dan Jonan lepas mudik gratis dengan kereta api di Stasiun Pasar Senen (Liputan6.com/Delvira)

Dalam kesempatan ini, Djarot mengapresiasi kinerja pemerintah pusat serta PT KAI (Persero). Lantaran, pelayanan yang baik di kereta api memberikan kenyamanan bagi masyarakat. "Ini kereta ekonomi, tapi rasa eksekutif saya terimakasih KAI, Pak Jonan memberikan fasilitas ekonomi rasa eksekutif untuk membantu masyarakat. Kereta mengurangi kemacetan, dan mengurangi kecelakaan," jelas dia.

Djarot mengaku, para penumpang berterima kasih terkait penyediaan mudik gratis tersebut. "Mereka menganggap bahwa kita berkomitmen untuk membantu masyarakat untuk menjamin keselamatannya, keamanannya, dan kebahagiaan mereka untuk bertemu keluarga mereka," ucap Djarot.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.