Sukses

ASDP: 28 Ribu Kendaraan Padati Pelabuhan Merak

Volume kendaraan mobil dan motor pada Jumat (1/7) atau H-5 tercatat mencapai tiga kali lipat dibandingkan hari sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat volume kendaraan mobil dan motor pada Jumat (1/7) atau H-5 tercatat mencapai tiga kali lipat dibandingkan hari sebelumnya. Sebanyak 15 ribu motor dan sekitar 11 ribu mobil pribadi dan 500-an bis memadati pelabuhan pada waktu yang bersamaan.

"Meski begitu, kami berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat proses pemuatan ke atas kapal, sehingga tidak terjadi penumpukan di kantong-kantong parkir siap muat di pelabuhan Merak. Sejak kemarin juga sudah dioperasikan kapal-kapal berukuran besar dan mempercepat waktu bongkar muat (port time) maksimal 45 menit dari biasanya 60 menit," kata GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Tommy L Kaunang dalam siaran persnya Minggu (3/7/2016)..

Diperkirakan, volume kendaraan masih akan terus meningkat, terutama kendaraan roda dua dan penumpang pejalan kaki. Oleh karena itu, kepada seluruh pengguna jasa setia ASDP untuk dapat mempersiapkan diri.

"Kami sangat mengharapkan kemurahan hati Bapak/Ibu untuk tetap bersabar dan tetap tertib dalam antrean saat puncak arus mudik 2016 di Pelabuhan Merak," kata Tommy.

Kepada pemudik juga tetap diimbau agar mempersiapkan perjalanan mudik sebaik-baiknya dan memilih waktu perjalanan siang hari untuk menghindari potensi antrian sangat padat di malam hari.

Data Posko Merak menyebutkan, dari Jumat (1/7) pukul 08.00 hingga Sabtu (2/7) pukul 08.00 mencatat, dari total 28 kapal yang beroperasi telah melayani 102 trip selama 24 jam. Adapun total jumlah penumpang yang diangkut kapal (pejalan kaki maupun di atas kendaraan) mencapai 125.003 orang. Roda 2 (sepeda motor) mencapai 15.033 unit, Roda 4 (kendaraan kecil) sebanyak 11.638 unit, bus 538 unit. Jumlah total seluruh kendaraan, 27.895 unit.

ASDP menyampaikan permohonan maaf pada penumpang yang mengalami antrian panjang saat menuju areal Pelabuhan Merak pada puncak arus mudik yang terjadi sejak Jumat (1/7) malam hingga Sabtu (2/7) sore hari.

"Kami memohon maaf, dan kami sangat berempati dan turut merasakan ketidaknyamanan, kelelahan serta memahami kekecewaan seluruh pengguna jasa, khususnya kepada pelanggan ASDP yang telah membeli tiket di rest area KM43 dan KM68 Tol Tangerang-Merak," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini