Sukses

Begini Antisipasi Jasa Marga Hadapi Arus Balik

PT Jasa Marga Tbk imbau masyarakat agar tetap berhati-hati, gunakan jalur alternatif dan pastikan BBM dan perbekalan yang cukup.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mengantisipasi  kendaraan pemudik yang akan kembali menuju Jakarta melewati Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang. Diprediksi puncak arus balik terjadi pada Minggu 10 Juli 2016.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso menjelaskan pada puncak arus balik lonjakan kendaraan yang diperkirakan masuk dari Jalur Utara, Tengah, Selatan dan Barat tersebut akan melintasi Gerbang Tol Cimanggis Utama Jalan Tol Jagorawi sebanyak 81 ribu lebih kendaraan, sedangkan yang melintasi GT Karang Tengah Jalan Tol Jakarta-Tangerang sekitar lebih 99 ribu kendaraan.

Lonjakan signifikan terjadi di GT Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu sebanyak 115 ribu lebih atau meningkat 52,05 persen kendaraan dibanding volume lalu lintas harian.

PT Jasa Marga Tbk telah membuat strategi antisipasi kepadatan kendaraan arus balik di antaranya :

1. Melakukan buka tutup tempat istirahat di ruas tol Jakarta-Cikampek (TIP 62B, TI 52B, TIP 42B dan TI ruas tol Purbaleunyi TIP 97B;
2. Pengaturan lalu lintas di GT Cikarang Utama 2 dan 3 dengan mengarahkan kendaraan keluar GT Cikarang Barat 2 kemudian masuk menuju Jakarta melalui GT Cikarang Barat 4;
3. Melakukan Contra Flow di sekitar Tempat Istirahat km 68+000 sd 50+000 dan km 44+800 sd 39+000 Jalur B (Arah Jakarta);
4. Pengaturan lalu lintas kendaraan di km 66 yang merupakan pertemuan arus dari Purbaleunyi dan arus dari Cikampek.

"Diimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati, gunakan jalur alternatif dan pastikan perbekalan makanan dan BBM cukup karena Tempat Istirahat dan Pelayanan (TI/TIP) akan diberlakukan buka tutup," ujar Heru, Sabtu (9/7/2016).

Transaksi di Gerbang Tol akan lebih cepat dan praktis dengan menggunakan e-Toll Card sebagai alat pembayaran. Informasi lalu lintas dapat menghubungi Jasa Marga Traffic Information Center 14080 atau dengan mengakses twitter @PTJASAMARGA dan m.jasamargalive.com (Yas/Ahm)

 

*Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini