Sukses

Capai Swasembada, Kementan Bangun Kawasan Ekonomi Berbasis Pangan

Sebagai proyek percontohan, akan disiapkan sekitar 1.000-1.500 hektare lahan untuk membangun kawasan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mencapai target swasembada pangan dan daging yang dicanangkan pemerintah, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyusun strategi untuk mencapai target tersebut.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, salah satu untuk mencapai target tersebut adalah dengan membangun kawasan ekonomi berbasis pangan. Sebagai proyek percontohan, akan disiapkan 1.000-1.500 hektare (ha) lahan untuk membangun kawasan ini.

"Kita buat program, desain dari sekarang. Kawasan ekonomi berbasis pangan, yang 1.000-1.500 ha pilot project-nya," ujar dia di Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Amran menyatakan, beberapa daerah sudah disiapkan untuk dijadikan proyek percontohan dari program ini. Namun daerah yang paling siap adalah Merauke, Papua.

"Ada beberapa daerah termasuk di Merauke. Kita sudah mulai di sana," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan swasembada khusus daging sapi dalam 9-10 tahun mendatang. Lamanya waktu untuk mencapai target tersebut lantaran sektor ini membutuhkan pembenahan mulai dari hulu hingga ke hilir.

Sementara untuk swasembada pada komoditas pangan lain, seperti beras, jagung, dan kedelai ditargetkan tercapai pada 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini