Sukses

Harga Emas Menguat Terdorong Pelemahan Dolar

Harga emas telah menguat sekitar US$ 100 per ounce sejak Inggris menyatakan diri untuk keluar dari Uni Eropa.

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia kembali menguat terpicu melemahnya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS).

Melansir laman Wall Street Journal, Kamis (14/7/2016), harga emas untuk pengiriman Agustus ditutup naik 0,6 persen menjadi US$ 1.343,60 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Kenaikan harga emas merupakan sumbangsih dari pelemahan dolar. WSJ Dollar Index baru-baru ini mencatat dolar melemah hingga 0,2 persen menjadi 86,96. Ini membuat logam mulia dalam dolar menjadi lebih murah bagi mereka yang memegang mata uang lainnya.

Ke depan, risiko yang terjadi di global bisa memacu permintaan aset save haven. Sebagai aset haven, akan banyak dana mengalir ke emas saat investor merasa ada risiko yang lebih tinggi.

"Sementara secara relatif dolar kemungkinan terus melemah karena faktor-faktor seperti, kekhawatiran akan geopolitik dan ekonomi global yang mendorong suku bunga AS bakal tetap ditahan dan ini menjaga lingkungan yang menguntungkan bagi emas," kata Jonathan Butler, Ahli Logam Mulia Mitsubishi.

Sementara pada harga logam mulia lainnya, perak tercatat naik 1,2 persen menjadi US$ 20,413 per troy ounce. Kemudian platinum untuk Oktober naik 0,2 persen menjadi 1.100,20 per troy ounce dan paladium pada September naik 2,4 persen menjadi US$ 644,20 per troy ounce.

Adapun harga emas telah menguat sekitar US$ 100 per ounce sejak Inggris menyatakan diri untuk keluar dari Uni Eropa. Keluarnya negara tersebut membuat para investor khawatir bahwa pertumbuhan ekonomi Eropa akan terganggu dan kemudian berpengaruh kepada ekonomi dunia.

Oleh sebab itu, para investor pun berlomba-lomba mengalihkan portofolio mereka ke instrumen yang aman (safe haven). Instrumen yang dipilih salah satunya adalah emas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Dolar merupakan mata uang yang resmi digunakan di beberapa negara.

    dolar

Video Terkini