Sukses

8 Kunci Sukses Yasa Singgih, Miliarder Berumur 21 Tahun

Menjadi pengusaha merupakan cara untuk kita agar menikmati proses jatuh bangunnya usaha itu dan bisa menikmati hasilnya di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak ingin punya usaha sukses dan berlimpah harta? Bisa jadi harapan menjadi pengusaha sukses dimiliki semua orang. Indonesia banyak menghasilkan pengusaha sukses meski jumlahnya belum ideal.

Pengusaha di Indonesia tak hanya dari kalangan yang sudah berumur, generasi milenial pun banyak yang sukses punya usaha.

Salah satunya adalah entrepreneur muda Indonesia Yasa Paramitha Singgih, yang berhasil menjadi miliarder di usianya yang masih 20 tahun dengan usaha brand fashion pria yang ia rintis sendiri dari 0. 

Yasa, begitu panggilannya, mengalami proses yang tak mudah hingga sekarang ini. Yang pasti, dia menegaskan bahwa dia mendapatkan semua itu dari proses panjang, dan ia menghargai semua proses yang dialaminya.

“Banyak orang yang melihat orang lain sukses bukan dari prosesnya, kebanyakan orang lain hanya melihat luarnya saja tapi ga liat berdarah-darahnya gimana” ujar anak bungsu dari 3 bersaudara ini.

Dengan tekun Yasa menikmati semua proses usahanya yang sudah dimulai dari usia 15 tahun hingga akhirnya ia menjadi miliarder dan masuk dalam daftar 30 Entrepreneur Muda Usia di Bawah 30 Tahun di Asia yang memberi warna baru di bidang e-commerce dan retail.

Yasa juga menekankan sejumlah kunci kesuksesan yang ia dapatkan saat ini. menurutnya, ada 8 poin kunci yang membuatnya jadi sukses. Antara lain:

1. Risk taker
2. Berani gagal
3. Tunda kesenangan
4. Peka melihat peluang
5. Networking
6. Motivasi
7. Strategi
8. Attitude

Attitude yang baik harus dimiliki oleh semua calon pengusaha karena banyak yang ingin memulai berbisnis tetapi tidak memiliki attitude yang baik jangan menjadi pengusaha karena dengan attitude seperti itu kita tidak akan memiliki network, jika tidak memiliki network tidak bisa peka melihat peluang” terang remaja asal Bekasi ini.

Yasa ingin menginspirasi anak muda agar bisa bergerak cepat dan tidak menunda kesuksesannya hanya karena ingin menikmati masa remaja saja. Yasa juga ingin membuktikan bahwa ia bisa melakukannya dengan usaha yang ia rintis sendiri.

“Saya hanya ingin bilang bahwa anak muda jangan pernah takut gagal. Banyak orang di masa tuanya justru menyesal akan hidupnya, bukan karena apa yang telah ia lakukan tapi karena apa yang belum sempat ia lakukan. So, karena kita masih muda, kita punya tenaga dan kreatifitas yang lebih tapi kita tidak punya banyak resiko untuk itu gagal lah sekarang, karena lebih cepat gagal lebih cepat memulai kembali” tutupnya. (Nabila)

r-too-young-to-become-a-billionaire )

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.