Sukses

Daftar Pembuat Game Paling Tajir di Dunia, Siapa Saja?

Ada beberapa nama pengusaha pencipta game lain yang mampu meraup untung sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan game Pokemon Go menarik perhatian jutaan pengguna sukses membangkitkan geliat dunia game. Sejak diluncurkan beberapa minggu lalu, Pokemon Go berhasil diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Kapitalisasi saham Nintendo juga meningkat 34 persen sejak aplikasi ini diluncurkan.

Walau game ini telah berhasil untuk menyumbang pendapatan yang besar, pembuat game Pokemon Go, John Hanke bukanlah satu-satu pencipta game tersukses di dunia.

Ada beberapa nama pengusaha pencipta game lain yang mampu meraup untung sangat besar. Namanya bahkan sukses didapuk menjadi pengusaha game terkaya di dunia.

Melansir Forbes, Sabtu (16/7/2016) berikut enam pengusaha game terkaya di dunia:

6. Kim Jung-Ju

Pengusaha asal Korea Selatan ini memiliki kekayaan hingga US$ 3,5 miliar atau setara dengan Rp 45,4 triliun. Kim Jung-Ju merupakan pendiri perusahaan game Nexon. Game hasil buatannya dimainkan oleh 350 juta orang di 72 negara berbeda.

5. Kwon Hyuk-Bin

Di tahun 2015, Kwon Hyuk-Bin mendapat suntikan penghasilan sebesar US$ 530 juta. Hal tersebut membuat kekayaannya naik 13 persen dibanding tahun lalu. Aset yang dimiliki oleh miliarder ini juga naik menjadi US$ 4,9 miliar atau Rp 63,6 triliun.

Perusahaan yang didirikan oleh Kwon berhasil menjadi perusahaan game terbesar ketiga di Korea Selatan. Rata-rata game yang diproduksinya memilki pengguna hingga 1 juta orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2

4. Shi Yuzhu

Game berjudul MMO ZT Online memang tidak familiar terdengar di telinga penyuka game. Namun ternyata, game ini mendapat perhatian yang besar oleh penduduk China. Shi Yuzhu memiliki kekayaan sebesar US$ 5,4 miliar atau Rp 70,1 triliun dari game yang dihasilkannya.

3. Zhang Zhidong

Zhang Zhidong merupakan pendiri Tencent, sebuah perusahaan game terbesar di dunia. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berkarier menjadi Chief Technology Officer dari Tencent. Sebagian besar kekayaannya berasal dari sahamnya di perusahaan.

3 dari 3 halaman

3

2. Wiliam Ding

Posisi kedua ditempati oleh Wiliam Ding. Ia merupakan pendiri dari NetEase, salah satu perusahaan game online terbesar di dunia.

Tak heran, kekayaannya yang didapat mencapai angka US$ 11,5 miliar atau Rp 149 triliun. Beberapa game yang dihasilkan antara lain Hearthstone dan World of Warcraft China.

1. Ma Huateng

Pria ini merupakan pendiri dari perusahaan teknologi Tencent. Baru-baru ini, perusahaannya mengakuisisi 84 persen saham dari perusahaan asal Finlad Supercell yang membuat game populer Clash of Clans. Kekayaan yang dimiliki oleh Ma Huateng sebesar US$ 21,9 miliar atau Rp 284,4 triliun.

(Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.