Sukses

Menteri Pertanian Copot Dirjen Peternakan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman memberhentikan Direktur ‎Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Muladno Basar.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman memberhentikan Direktur ‎Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Muladno Basar Pemberhentian tersebut mulai berlaku efektif tiga hari lalu atau pada 12 Juli 2016. 

Saat dikonfirmasi Liputan6.com, Muladno membenarkan bahwa Menteri Pertanian telah mencopot dirinya dari posisi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Dia juga menepis kabar yang menyatakan bahwa dirinya berhenti dari jabatan eselon I tersebut karena memundurkan diri. "Betul, saya diberhentikan," ujar dia di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Muladno menjabat sebagai Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan sejak tahun lalu. Dia dilantik oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada 1 Juni 2015.

Hingga saat ini belum ada alasan yang jelas terkait pemberhentian Muladno sebagai Direktur Jenderal. Namun kabar yang beredar menyebutkan bahwa pemberhentian dirinya merupakan bagian dari evaluasi Menteri Pertanian terhadap kinerja anak buahnya.

Pemberhentian Mulando secara resmi masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres).

Sedangkan untuk penggantinya, akan dilakukan dengan mekanisme lelang jabatan. Nantinya calon pengganti Muladno akan mengikuti tahap beauty ‎contest pejabat eselon I.

Untuk diketahui, Muladno lahir di Kediri Jawa Timur pada 24 Agustus 1961. Dirinya anak kedua dari tujuh bersaudara.  Pendidikan dasar dan menengah diselesaikan di SDN Ringinsirah II Kediri, SMPN I Kediri, dan SMAN II Kediri.

Sedangkan pendidikan tinggi diselesaikan di Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta  dengan gelar sarjana pada  1985 dan dilanjutkan di University of New England, Armidale, Australia  dengan gelar master of science in agriculture pada 1990.

Terakhir, dia menempuh gelar doktor di University of Sydney, Australia pada 1995.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini