Sukses

Pertamax Turbo Siap Meluncur 11 Agustus 2016

Pertamax Turbo telah mendapat izin dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) varian baru dengan nama Pertamax Turbo. Produk ini memiliki oktan yang lebih tinggi dari Pertamax Plus. Pertamina telah menyelesaikan semua perizinan yang diwajibkan.

Senior Vice President (SVP) Fuel Marketing and Distribution Pertamina M Iskandar mengatakan, untuk tahap pertama, produk tersebut akan diluncurkan di Jakarta. Moment peluncuran produk tersebut akan bertepatan dengan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung pada 11 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. 

"Rencananya di Jakarta dulu. Kemungkinan pada 11 Agustus saat di GIIAS," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (16/7/2016).

Iskandar menjelaskan, Pertamax Turbo disiapkan sebagai pengganti dari Pertamax Plus yang saat ini dijual di SPBU-SPBU Pertamina. Perusahaan plat merah tersebut pun meyiapkan kadar oktan yang lebih tinggi yaitu 98 jika dibandingkan Pertamax Plus yang beroktan 95. "Ini pengganti Pertamax Plus. Ini peningkatan kualitas dari Pertamax Plus," kata dia.

Sebelumnya, Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina Afandi mengatakan, Pertamina telah mendapat izin niaga dari Badan ‎Penanaman Modal (BKPM) untuk memasarkan Pertamax Turbo yang memiliki kadar RON 98 tersebut. "Izin niaga ini di dalamnya ada soal jenis atau merek yang akan dipakai," ungkap Afandi.

Selain itu, Pertamax Turbo juga telah mendapat izin dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan memenuhi spesifikasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas).

"Jadi sebelum lolos di BKPM itu dasarnya harus ada izin dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dulu. Izin keluar ya harus sudah diuji di Lemigas," lanjut dia.

Menurut Afandi, dengan sudah lolosnya semua perizinan tersebut Pertamina siap meluncurkan produk Pertamax Turbo pada pertengahan Agustus. Momen yang bakal digunakan oleh Pertamina adalah ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)‎. "Siap nanti minggu ke-2 Agustus saat GIIAS di BSD," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.