Sukses

3 Pelajaran Penting Buat Pengusaha dari Perusahaan Internasional

Kunci sukses buat pengusaha yang baru merangkai bisnisnya adalah petunjuk dan bimbingan dari pihak lain.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang membuat pengusaha berbeda dari karyawan? Kesempatan untuk menciptakan perusahaan, produk maupun jasa yang bermanfaat dalam keseharian. Pengusaha berinvestasi pada apa yang mereka lakukan, dibanding karyawan biasa.

Kunci sukses buat pengusaha yang baru merangkai bisnisnya adalah petunjuk dan bimbingan dari pihak lain yang sudah pernah melewati proses tersebut. Belajar dari sesama rekan pengusaha atau perusahaan di industri yang sama adalah salah satu caranya.

Dikutip dari entrepreneur, Sabtu (16/7/2016), pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dapat menjadi bekal bagi pengusaha muda dalam meramu kesuksesan usahanya. Berikut adalah pelajaran penting yang bisa dipetik oleh pengusaha baru dari perusahaan internasional.

1. Sudut Pandang Pihak Lain

Sebagai seorang pengusaha, penting untuk mempelajari sudut pandang lain dari suatu permasalahan. Apalagi dengan berguru pada sesama pengusaha yang ahli di bidang tersebut, Anda akan menemukan banyak hal baru yang mungkin tidak Anda sadari. Dengan mempelajari berbagai kemungkinan dan perspektif yang berbeda dapat membuat pengusaha baru mengambil keputusan penting dan strategis untuk masa depan perusahaan.

Contohnya seperti Disney yang berani mengambil keputusan penting kala berinvestasi membangun studio Star Wars, ketimbang mencari perusahaan baru untuk dirangkul. Artinya, perusahaan internasional pun dapat memberikan kesempatan kepada perusahaan berkembang untuk meraih kesuksesan.

2. Keahlian Operasional

Pengusaha baru memiliki pengetahuan terbatas mengenai manajemen operasional. Keputusan untuk mengenali dan menempatkan personel yang tepat di posisi yang tepat didapatkan dari pengalaman yang tidak sebentar. Akan tetapi kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang pengusaha untuk mengambil keputusan strategis.

Berkaca dari pengalaman COO Coca Cola James Quincey ketika merestrukturisasi jajaran manajemen pada bulan Mei lalu. Solusi ini terbukti efektif dalam mendongkrak penjualan minuman soda tersebut setelah selama lima periode kuartalan tidak mengalami pertumbuhan. Ini membuktikan bahwa momen yang pas dan strategi yang tepat akan membuat perubahan besar.

3. Pedoman Strategis

Untuk mewujudkan mimpi besar Anda, tentulah harus didukung oleh tim yang memiliki semangat dan goal yang sama. Bangunlah jaringan dan kelompok di mana Anda bisa berpaling untuk sekedar nasihat atau bahkan masukan solusi strategis. Mereka bisa jadi bos lama atau pengusaha mumpuni di industri yang sedang Anda bangun.

Hal tersebut tentu tidak serta merta membuat Anda meraih kesuksesan. Anda yang mengetahui pasti bagaimana karakteristik perusahaan milik Anda. Nasihat dan masukan para ahli tersebut menjadi bahan penting membuat keputusan strategis bagi perusahaan Anda.

Perusahaan seperti Microsoft dan Hewlett-Packard misalkan, merekrut dewan penasehat untuk memberi masukan terhadap arah perusahaan ke depan. Tanpa kepentingan finansial dan hukum, dewan penasehat dapat memberikan masukan strategis kepada perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini