Sukses

Mau Cari Kerja Saat Hamil? Ikuti 5 Cara Ini

Mencari pekerjaan ketika hamil bukanlah hal yang mustahil. Anda tetap bisa mendapat pekerjaan yang diinginkan apabila tahu caranua

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan bukanlah hal mudah. Apalagi ketika Anda sedang mengandung. Urusan mencari pekerjaan pun akan terasa lebih rumit. Karena tidak semua perusahaan dapat menerima pegawai baru yang sedang mengandung.

Walau begitu, mencari pekerjaan ketika sedang mengandung bukanlah hal yang mustahil. Anda tetap bisa mendapat pekerjaan yang diinginkan apabila Anda tahu caranya.

Berikut lima cara yang dapat Anda lakukan apabila ingin mendapat pekerjaan ketika sedang hamil seperti dilansir dari laman Business Insider, Jumat (22/7/2016):

1. Mencari pekerjaan yang tepat

Cobalah untuk mencari pekerjaan yang tepat. Tepat di sini maksudnya adalah pekerjaan yang dapat mengerti akan kondisi yang sedang Anda alami. Tidak semua pekerjaan memberikan keringanan pada pegawainya yang sedang hamil.

Untuk itu, Anda pun harus benar-benar selektif dalam memilih perusahaan. Riset dan telisik dahulu bagaimana kondisi bekerja di sana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Jangan memberitahukan kehamilan ketika wawancara

Ketika Anda diundang untuk wawancara kerja, ahli karier menyarankan Anda untuk tidak langsung memberitahukan kondisi kehamilan Anda pada pewawancara.

Cobalah untuk tetap fokus menonjolkan kapabilitas dan kemampuan Anda untuk menjalankan pekerjaan yang ada.

3. Yakin dalam menjawab pertanyaan

Nantinya Anda pun akan ditanya mengenai kehamilan yang sedang dialami. Ketike pertanyaan ini muncul, cobalah untuk menjawab dengan yakin. Pastikan jawaban Anda dapat meyakinkan pewawancara bahwa Anda akan tetap bisa menjalani tugas yang disediakan walaupun sedang hamil.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Jangan langsung menanyakan kebijakan perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kebijakan perusahaan bagi pegawai yang sedang hamil. Walaupun butuh, cobalah untuk tidak langsung menanyakan hal ini.

Tunggulah sampai waktu Anda menandatangani kontrak pekerjaan. Waktu ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk menanyakan kebijakan perusahaan tersebut.

5. Menunjukkan kemampuan

Jangan lupa untuk tetap menonjolkan kemampuan yang Anda miliki ketika sedang wawancara kerja. Walaupun sedang mengandung, bukan berarti Anda tidak bisa untuk memberikan penjelasan tentang apa saja keahlian yang dimiliki yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.