Sukses

Hati-Hati, 7 Pekerjaan Ini Bisa Buat Bobot Tubuh Anda Naik

Keterbatasan gerak dan kurangnya waktu berolahraga merupakan sebagian faktor yang dapat menyebabkan berat tubuh naik saat kerja

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda merasa bobot tubuh terus bertambah setelah bekerja selama beberapa lama? Ya, hal ini merupakan keluhan yang sering dilontarkan banyak pekerja.

Keterbatasan gerak dan kurangnya waktu untuk berolahraga merupakan sebagian faktor yang dapat menyebabkan berat tubuh bertambah ketika bekerja.

Selain itu, industri pekerjaan ternyata dapat berpengaruh pada kenaikan bobot tubuh seorang pegawai. Dilansir dari laman cheatsheet.com, Kamis (21/7/2016) berikut 7 bidang pekerjaan yang bisa membuat berat badan Anda makin meningkat, Apa saja?

7. Informasi Teknologi/Komputer

Laporan yang dikeluarkan Milken Institute di 2012 menyebutkan, 38 persen pekerja IT mengaku bahwa mereka mengalami kenaikan berat badan setelah bekerja di industri tersebut. Hal ini karena pekerja di bidang IT rata-rata menghabiskan waktu lebih lama di depan komputer yang akhirnya membuat gerakan mereka terbatas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6. Manufaktur

6. Manufaktur

Sebanyak 39 persen pekerja di bidang manufaktur mengaku bahwa berat badan mereka naik setelah bekerja di bidang tersebut.

Hasil riset lain yang dilakukan American Journal of Preventive Medicine (AJPM) mengungkap, 31 persen orang yang bekerja di manufaktur mengalami obesitas. Keharusan untuk bekerja mengikuti waktu shift diduga menjadi penyebab munculnya fenomena obesitas ini.

5. Ritel

Walaupun pekerja di bidang ritel memiliki kegiatan yang banyak, laporan lain justru menyebut bahwa pekerjaan di bidang ini bisa membuat pekerjanya mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini karena pekerja yang sulit menjadwalkan waktu makan yang teratur, sehingga bobot badan pun akan sulit terkontrol.

3 dari 4 halaman

4. Penjualan

4. Penjualan

Sebanyak 46 persen orang yang bekerja di bidang penjualan mengatakan bahwa mereka mengalami kenaikan berat badan di profesi yang sedang dijalani sekarang ini.

Stres merupakan salah satu faktor yang menjadikan banyak pekerja di bidang ini justru memiliki kenaikan berat badan. Orang yang bekerja di bidang penjualan juga sering kali memiliki kebiasaan merokok dan jarang mengonsumsi sayur dan buah saat makan.

3. Jasa keuangan

Laporan American Journal of Preventive Medicine (AJPM) mengungkap bahwa 24 persen pekerja di bidang keuangan mengalami fenomena obesitas. Bidang ini rentan terpapar stres. Waktu kerja yang lama juga membuat pekerja di bidang ini makin sulit untuk menjaga kondisi tubuh yang dimiliki.

4 dari 4 halaman

2. Jasa Kesehatan

2. Jasa kesehatan

Posisi kedua ditempati orang yang bekerja di industri kesehatan. Walaupun merupakan industri yang peduli akan kondisi tubuh, pekerja di bidang ini ternyata tidak luput dari ancaman kenaikan bobot tubuh.

Penelitian yang dilakukan University of Maryland’s School of Nursing mengungkap, 55 persen suster mengalami obesitas.

1. Jasa transportasi

Pekerjaan di bidang transportasi sangat mungkin membuat pekerjanya gendut. Hal ini dipaparkan survei yang dilakukan CarrerBuilder. Hampir setengah dari pekerja di bidang ini mengalami bobot tubuh yang bertambah sejak memulai pekerjaan. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.