Sukses

Menko Maritim Siap Bangun Puluhan Cold Storage di Sulawesi

Selama ini Indonesia telah mengabaikan potensi Indonesia sebagai negara maritim dengan dua per tiga wilayah teritorialnya berupa laut.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya menggelar rapat koordinasi (rakor) mengenai pemenuhan pasokan daya listrik bagi sarana prasarana pendukung produksi kelautan dan perikanan regional Sulawesi, di Hotel Aryaduta Makassar. Selain itu di tempat yang sama juga digelar rakor mengenai percepatan implementasi Peraturan Presiden RI Nomor 126 tahun 2016 tentang penyediaan, pendistribusian, dan penetapan harga LPG untuk kapal nelayan bagi nelayan kecil.

Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa, Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya Agung Kuswandono menjelaskan, rakor tersebut digelar sebagai manifestasi dari program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangkitkan kembali kejayaan maritim Indonesia. 

Selama ini bangsa Indonesia telah mengabaikan potensi Indonesia sebagai negara maritim dengan dua per tiga wilayah teritorialnya berupa lautan. Untuk itu, Agung mengatakan di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini sudah saatnya Indonesia kembali membangkitkan semangat kelautan dan perikanan untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia tidak semudah membalikkan telapak tangan, tentu harus ada langkah-langkah konkrit yang dilakukan”, ungkap Agung seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (21/7/2016). 

Adapun langkah yang akan dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya dalam rangka memaksimalkan potensi ekonomi kelautan adalah mengkoordinasikan, menyinergikan, dan memonitor serta pengendalian terkait kebijakan yang implementatif.

Menurut Agung, kebijakan pembangunan kelautan tersebut harus dapat menjadi acuan dan pedoman dalam pengelolaan potensi kelautan Indonesia dan memberikan dampak positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sesuai dengan arahan Presiden pada Rapat Terbatas, 15 Juni 2016 yang lalu.

Untuk itu, menurutnya, demi memenuhi kebutuhan dasar dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah memandang perlu dilakukan upaya percepatan pelaksanaan proyek Strategis Nasional seperti percepatan pemenuhan pasokan daya listrik.

Penyediaan pasokan listrik, khususnya bagi para nelayan ini sangat penting untuk kemajuan ekonomi daerah karena sumber daya alam, terkait dengan potensi produksi kelautan di wilayah Indonesia, sangat luar biasa. Namun untuk pemberdayaan pada second step belum maksimal.

“Saat ini nelayan kita hanya berhenti sampai pemanfaatan sumber daya alam untuk ditangkap lalu dijual. Jadi nilai tambahnya belum ada. Kita belum bisa untuk menyimpan ikan lebih awet atau memproses atau mengolah karena nelayan kita belum punya cold storage," kata Agung.

Terkait hal ini menurut Agung nelayan Indonesia membutuhkan cold storage. Tempat penyimpanan ikan ini akan mendukung proses pengolahan ikan di Indonesia. Untuk membangun cold storage, tambah Agung yang dibutuhkan adalah pasokan energi. Dukungan listrik akan penting dalam pembangunan cold storage ini.

Khusus untuk Regional Sulawesi (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tenggara), 5 unit Integrated Cold Storage (Skala Besar dan Skala Kecil), akan dibangun yaitu di Kab. Parigi Moutong dan Kab. Morowali Prov. Sulawesi Tengah, Kab. Kep. Sangihe dan Kab. Kep. Talaud Prov. Sulawesi Utara, serta Kab. Buton Selatan Prov. Sulawesi Tenggara dan 6 unit Single Cold Storage yaitu di Kota Makasar dan Kab. Pinrang Prov. Sulawesi Selatan, Kab. Banggai Laut Prov. Sulawesi Tengah, Kab. Gorontalo Prov. Gorontalo, Kab. Konawe Utara dan Kab. Buton Tengah Prov. Sulawesi Tenggara.

“Pemerintah ingin memajukan sumber daya perikanan dan kelautan. Bukan hanya cold storage, rencana ke depan Pemerintah akan membangun pabrik pengolahan rumput laut, udang, dan hasil laut lainnya," tutup dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini