Sukses

4 Tipe Pengguna Kartu Kredit, Anda Termasuk Mana?

Ada orang yang sering menggunakan kartu kreditnya untuk mentraktir teman-temannya untuk mencari keuntungan.

Liputan6.com, New York - Saat makan malam di sebuah restoran bersama teman-teman, tentu Anda tak akan membayar masing-masing. Jika Anda melakukan hal tersebut, sama saja Anda akan menyulitkan pelayan restoran. Pelayan tersebut harus menghitung biaya makan untuk masing-masing orang dan kemudian harus melayani pembayarannya juga untuk masing-masing orang. Lebih susahnya lagi jika sebagai orang modern, hampir semua ingin membayar dengan kartu kredit.

 

Nah, biasanya dalam situasi tersebut, ada satu orang yang akan merelakan diri untuk menalangi atau membayar dahulu tagihan tersebut dengan kartu kreditnya. Urusan pelunasan masing-masing tentu saja akan dihitung di belakang. 

Jika Ada orang yang seperti itu, semua orang pasti akan mengatakan betapa baiknya dia. Namun sebenarnya tahukah Anda bahwa ia sedang memanfaatkan kesempatan tersebut. Dengan membayari dahulu tagihan makan malam tersebut, bisa saja dia dapat poin lebih di kartu kredit yang kemudian hari bisa ia tukarkan dengan berbagai penawaran.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui lebih banyak tentang tipe pengguna kartu kredit. Mengutip dari Business Insider, Kamis (21/7/2016), berikut tipe pengguna kartu kredit:

1. Terpaksa Menggunakan

Beberapa pengguna kartu kredit mengaku terpaksa menggunakan kartunya karena di antara teman-temannya tidak ada lagi yang memiliki kartu kredit.

Salah satu contoh tipe ini adalah Ellen Miller, wanita 28 tahun yang berasar dari Boston. “Walaupun terpaksa, saya tidak merasa rugi menggunakan kartu kredit saya karena akan mendapatkan poin kartu kredit,” katanya.

2. Sukarela Menawarkan

Banyak pengguna kartu kredit yang menawarkan agar kartu kreditnya yang dipakai saja untuk bertransaksi dengan menceritakan keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan kartu kredit tersebut.

Frank Zhang, yang termasuk tipe ini mengaku dirinya sering menggunakan kartu kreditnya untuk mentraktir teman-temannya untuk mencari keuntungan. “Jujur, saya punya banyak poin kartu kredit yang belum saya gunakan,” tambah wanita berusia 25 tahun ini.

3. Praktis

Beberapa tipe pengguna kartu kredit, tidak suka hal-hal yang bertele-tele, seperti menghitung uang tunai patungan teman-temannya untuk diserahkan ke kasir restoran. Beberapa orang mengaku bahwa selain mereka suka hal-hal yang praktis, mereka juga menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan poin.

“Saya biasanya tidak pernah menawarkan kartu kredit untuk membayar bon restoran, tetapi ketika banyak orang mulai beragumen tentang harga yang harus dibayar, saya akan mengeluarkan kartu kredit saya sekalian dapat poin”, ujar Raymond Hsu.

4. Selalu Menggunakan

Samuel Wein, salah satu mahasiswa di Philadelphia mengaku bahwa dia membeli banyak barang dengan kartu kreditnya. Selain karena praktis, dia ingin mendapatkan banyak poin. Pria 28 tahun ini mengaku berkat poin dari kartu kreditnya dia berhasil berlibut. “Saya mendapatkan tiket pesawat kelas eksekutif untuk bulan madu di Roma,” ujar Wein. (Aldo Lim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini